HUBUNGAN ANTARA KETERAMPILAN PROSES SAINS DENGAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS Vll DI SMPN 40 MAKASSAR

Muviya Lestari T(1*), Ramlawati Ramlawati(2), Sitti Rahma Yunus(3),

(1) Prodi Pendidikan IPA
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v3i2.12324

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara keterampilan proses sains dan hasil belajar IPA peserta didik kelas VII SMP Negeri 40 Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian survey. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas Vll SMP Negeri 40 Makassar sebanyak 246 peserta didik. Sampel pada penelitian ini ditentukan dengan rumus slovin dengan tingkat kesalahan 5% sehingga diperoleh sampel berjumlah 152 peserta didik yang diperoleh melalui teknik accidental sampling. Instrumen penelitian berupa tes keterampilan proses sains dalam bentuk soal pilihan ganda berjumlah 26 item soal yang mewakili setiap aspek keterampilan proses sains : 1) mengobservasi; 2) merumuskan masalah; 3) membuat hipotesis; 4) merancang percobaan; 5) mengkomunikasikan; 6) menarik kesimpulan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan memberikan tes keterampilan proses sains kepada sampel penelitian. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan inferensial. Hasil analisis deskriptif diperoleh informasi bahwa skor rata-rata keterampilan proses sains peserta didik adalah 3,33 yang berada dalam kategori sedang, sedangkan hasil belajar peserta didik rata-rata 8,72 berada pada kategori sangat rendah. Adapun hubungan keterampilan proses sains peserta didik dengan hasil belajar peserta didik kelas Vll SMP Negeri 40 Makassar sebesar 0,28 dalam hal ini berada pada kategori rendah dengan nilai kooefisien determinan 7,84% yang berarti kontribusi keterampilan proses sains terhadap hasil belajar IPA sebesar 7,84%, sedangkan 92,16% hasil belajar dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diukur pada penelitian ini.


Full Text:

PDF

References


Agustina, P., Alanindra, S., & Almira,Y. C. (2018). Hubungan Keterampilan Proses Sains dengan Hasil Belajar Mahasiswa Calon Guru Biologi Pada Matakuliah Praktikum Anatomi Hewan Tahun Akademik 2017/2018. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains.

Fatimah. (2012). Peningkatan Hasil Belajar Peserta didik Pada Pembelajran IPA Dengan Pendekatan Inkuiri. Jurnal Artikel Penelitian.

Rahyuni, Galuh. (2016). Hubungan Keterampilan Berfikir Kritis dan Literasi Sains Pada Pembelajaran IPA Terpadu Dengan Model PBM dan STM. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA. Vol.2 No.2.

Undang-Undang SISDIKNAS (Peraturan Mentri Pendidikan Nasional Republik Indonesia) 2006 (UU RI NO 22 Tahun 2006). Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menegah.

Munisa, A., Mushawwir Taiyeb, & Satriani. (2018). Analisis Hubungan Pelaksanaan Praktikum dengan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Peserta Didik SMA Negeri di Kota Bulukumba. Jurnal Biologi FMIPA.

Trianto. (2013). Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: PT Bumi Aksara.

Jihad, A., & Haris, A. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakrta: Multi Pressindo.

Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Sanjaya, Wina. (2008). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Bonga, Andi., Tawil, M., Sudarto. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Peningkatan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik. Jurnal IPA Terpadu. Vol. 1. No. 1.

Hasan, A. Z., Ramlawati., Maming, R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry Terhadap Keterempilan Proses Sains Peserta Didik Kelas Vii Smp Negeri 2 Lilirilau (Studi Pada Pada Materi Pokok Interaksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungan). Jurnal IPA Terpadu. Vol. 2. No. 2


Article Metrics

Abstract view : 13 times | PDF view : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar

Alamat Redaksi:
Jl. Daeng Tata Raya, Parangtambung, Tamalate, Sulawesi Selatan, Indonesia, 90244
Email: jit@unm.ac.id
CP: 085255626679

Indexed by: