IDENTIFIKASI MISKONSEPSI MATA PELAJARAN IPA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN TERAKREDITASI A DI KABUPATEN GOWA

Dewi Kartika(1*), Ratnawaty Maming(2), Muh Tawil(3),

(1) Program Studi Pendidikan IPA
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v3i2.12035

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui tingkat miskonsepsi mata pelajaran IPA peserta didik laki-laki kelas VIII SMPN Terakreditasi A di Kabupaten Gowa, (2) Mengetahui tingkat miskonsepsi mata pelajaran IPA peserta didik perempuan kelas VIII SMPN Terakreditasi A di Kabupaten Gowa, (3) Mengetahui tingkat miskonsepsi mata pelajaran IPA peserta didik kelas VIII SMPN Terakreditasi A di Kabupaten Gowa secara keseluruhan. Penelitian ini adalah penelitian survey dengan desain penelitian survey deskriptif. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMPN Terakreditasi A di Kabupaten Gowa. Pengambilan sampel dengan teknik Cluster Sampling sehingga diperoleh satu kelas dari masing-masing sekolah yang Terakreditasi A yang terdiri dari 229 peserta didik, 138 peserta didik perempuan dan 91 peserta didik laki-laki. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tingkat miskonsepsi mata pelajaran IPA peserta didik laki-laki kelas VIII SMPN Terakreditasi A di Kabupaten Gowa termasuk dalam kategori tinggi, (2) Tingkat miskonsepsi mata pelajaran IPA peserta didik perempuan kelas VIII SMPN Terakreditasi A di Kabupaten Gowa termasuk dalam kategori tinggi, (3) Tingkat miskonsepsi mata pelajaran IPA peserta didik kelas VIII SMPN Terakreditasi A di Kabupaten Gowa secara keseluruhan termasuk dalam kategori tinggi.


Full Text:

PDF

References


Andarini, T. d. (2012). Pembelajaran Biologi Menggunakan Pendekatan (Contextual Teaching and Learning) Melalui Media Flipchart dan Video Ditinjau dari kemampuan verbal dan Gaya Belajar. Jurnal Inkuiri , 93-104.

Arikunto, P. S. (2016). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara.

Arslan, H. C. (2012). A Three-Tier Diagnostic Test to Assess Pre-Service Teachers’ Misconceptions about Global Warming, Greenhouse Effect, Ozone Layer Depletion, and Acid Rain. International Journal of Science Education.

Carey, S. (1986). Cognitive Science and Science Education. American Psychologist.

Cetin-Dindar, A. &. (2011). Development of a Three-Tier Test to Assess High School Students Understanding of A Cids and Bases. Procedia Social and Behavioral Science.

Hasan, S. B. (1999). Misconception and the certainty of response index (CRI). Physics Education.

Liliawati, W. &. (2008). Identifikasi Miskonsepsi Materi IPBA di SMA dengan Menggunakan CRI (Certainly of Response Index) dalam Upaya Perbaikan Urutan Pemberian Materi IPBA Pada KTSP. Jurnal Pendidikan Tenologi dan Kejuruan , Vol VI.

Pesman, H. &. (2010). Development of a Three-Tier Test to Assess Misconceptions About Simple Electric Circuits. The Journal of Educational Research.

Silung,Sri Nurul W., Kusairi & Zulaikah.(2016). Diagnosis Miskonsepsi Siswa SMA di Kota Malang pada Konsep Suhu dan Kalor Menggunakan Three Tier Test. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi.

Supamo, P. (2013). Miskonsepsi dan Perubahan Konsep dalam Pendidikan Fisika. Jakarta: PT. Grasindo.


Article Metrics

Abstract view : 20 times | PDF view : 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar

Alamat Redaksi:
Jl. Daeng Tata Raya, Parangtambung, Tamalate, Sulawesi Selatan, Indonesia, 90244
Email: jit@unm.ac.id
CP: 085255626679

Indexed by: