PENGARUH MEDIA SIMULASI PhET TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS IX SMPN 13 MAKASSAR (STUDI PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS)

A Husnul Haerana(1*), Ramlawati Ramlawati(2), Sitti Rahma Yunus(3),

(1) Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar
(2) Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar
(3) Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v4i2.12034

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) peningkatan hasil belajar peserta didik kelas IX SMPN 13 Makassar yang diajar menggunakan media simulasi PhET dan yang menggunakan media gambar, (2) pengaruh media simulasi PhET terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik kelas IX SMP Negeri 13 Makassar. Penelitian ini merupakan Quasi Experimental dengan menggunakan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas IX SMP Negeri 13 Makassar. Pengambilan sampel melalui teknik Purposive Sampling dan diperoleh kelas IX 1 sebagai kelas eksperimen dan IX 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda berjumlah 30 item soal dengan memberikan pretest dan posttest. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Statistik deskriptif untuk mengetahui hasil statistik pada skor rata-rata hasil belajar. Hasil analisis deskriptif hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen diperoleh skor rata-rata N-Gain 0,72 berada pada kategori tinggi dan pada kelas kontrol yaitu 0,53 berada pada kategori sedang. Hasil analisis inferensial diperoleh dengan menggunakan uji-t (uji hipotesis) menunjukkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa media simulasi PhET berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik kelas IX SMP Negeri 13 Makassar pada materi listrik dinamis.

Full Text:

PDF

References


Lubis, F. M., & Harahap, M. B. (2015). Efek Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Heads Together) Menggunakan Media Simulasi PhET dan Aktivitas Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 39-40.

Magfirah, A., Mamin, R., & Mun'im, A. (2018). Pengaruh Media Gambar pada Model Pembelajaran Langsung terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII MTs Muhammadiyah Cabang Mamajang (Studi Pada Materi Pokok Sistem Pencernaan). Jurnal IPA Terpadu, Volume 2 Nomor 1.

Nurhayati. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Biologi melalui Penggunaan Media Kartu Bergambar Siswa Kelas VIII-B SMP Negeri 3 Sengkang Kabupaten Wajo. Jurnal IPA Terpadu, Volume 1 Nomor 1.

Saenab, S., Ramlawati, & Suryani, I. (2018). Pengaruh Media Video dengan Pendekatan Kontekstual terhadap Hasil Belajar IPA Kelas VII MTs Negeri Gantarang Kabupaten Bantaeng (Pada Materi Pokok Pencemaran Lingkungan). Jurnal IPA Terpadu, Volume 1 Nomor 2.

Sari, P. D., Tjandrakirana, & Kuntjoro, S. (2018). Applying Science Learning Phet Simulation To Improve Process Skill And Knowledge Aspect Of Junior High School Student. Jurnal Penelitian Pendidikan Sains, 1498-1499.

Sumargo, E., Yuanita, & Lenny. (2014). Penerapan Media Laboratorium Virtual (Phet) pada Materi Laju Reaksi dengan Model Pengajaran Langsung. Volume 3 Nomor 1.

Wartono. (2003). Strategi Belajar Mengajar. Malang: Jurusan Pendidikan Fisika FPMIPA Universitas Negeri Malang.

Wibowo, B. (2018). Pengaruh Pembelajaran Ipa Menggunakan Phet Interactive Simulation Terhadap Motivasi Belajar Dan Penguasaan Konsep Sains Siswa. E-Journal Pendidikan, 372.

Wieman, C., Adams, W., & Perkins, K. (2009). PhET: Simulations That Enhance Learning. Columbia: Departement of Physics University of Colorado.


Article Metrics

Abstract view : 1111 times | PDF view : 207 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar

Alamat Redaksi:


Indexed By:

 

Creative Commons License
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.