PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 31 BULUKUMBA (STUDI PADA MATERI POKOK SISTEM PENCERNAAN MANUSIA)

Ennar Winarti(1*), Muh. Tawil(2), Ratnawaty Mamin(3),

(1) Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar
(2) Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar
(3) Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v4i2.11926

Abstract


Penelitian bertujuan: (1) Menganalisis peningkatan hasil belajar IPA dibelajarkan dengan model kooperatif tipe make a match dan dengan model pembelajaran konvensional, (2) Menguji pengaruh antara hasil belajar IPA dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dan dibelajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMPN 31 Bulukumba sekaligus sebagai sampel. Instrument penelitian berupa tes hasil belajar pilihan ganda berjumlah 25 soal. Teknik pengumpulan data penelitian adalah pemberian pretest dan posttest. Data dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil analisis deskriptif: (1) Rata-rata peningkatan hasil belajar IPA yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dengan skor N-Gain 0,701 dan dengan model pembelajaran konvensional dengan skor N-Gain 0,318, (2) Terdapat perbedaan hasil belajar yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match lebih tinggi dengan dibelajarkan model pembelajaran konvensional. Hasil analisis inferensial menggunakan uji-t diperoleh bahwa terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar IPA peserta didik dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Jadi, disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Full Text:

PDF

References


Arifin, Z. (2016). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Fatimatuzzahro, Subiki, & Wahyuni, S. (2015). Penerapan Model Cooperative Learning dengan Teknik Make A Match Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA di SMP . Jurnal Pendidikan Fisika, Vol. 4 No.2,, 150.

Fitriani, E., & Hadi, S. (2014). Keefektifan Metode Pembelajaran Make A Match Terhadap Hasil Belajar Kompetensi Dasar Permintaan dan Penawaran Uang pada Siswa Kelas X SMA Negeri 16 Semarang. Economic Education ANalysis Journal, 66.

Hake, R. R. (1999). Analyzing Change, Gain Score. Http://www.physich.indiana.edu/.

Iwan, & Lestari, N. P. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi pada Materi Ekosistem. Jurnal Nalar Pendidikan Volume 3, Nomor 2,, 80-81.

Kurniasih, I., & Sani, B. (2017). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru. Jakarta: Kata Pena.

Mikran, Pasaribu, M., & Darmadi, I. W. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Make A Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIIA SMP Negeri 1 Tomini Pada Konsep Gerak . Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako (JPFT) Vol. 2 No. 2 , 11.

Permendikbud. (2014). Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik pada Pendidikan Menengah. Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Rusman. (2016). Model-model Pembelajaran: Pengembangan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Saregar, A., Latifah, S., & Sari, M. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran CUPS: Dampak terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat TInggi Peserta DIdik Aliyah Mathla'ul Anwar Gisting Lampung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi.

Slavin, R. E. (2009). Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Sudjana. (2005). Metoda Statistika. Bandung : Tarsito.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian (Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta.

Tiro. (2015). Dasar-Dasar Statistika Edisi Ketiga. Makassar: Andira Publisher.

Wardani, S. R., Faudy, A., & Andayani, d. (2016). Peningkatan Keaktifan dan Kemampuan Menulis Teks Anekdot dengan Menggunakan Model Pembelajaran Make A Match pada Siswa Kelas X SMK. Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya, 171.


Article Metrics

Abstract view : 787 times | PDF view : 93 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar

Alamat Redaksi:


Indexed By:

 

Creative Commons License
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.