HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN DEKLARATIF DAN PENGETAHUAN PROSEDURAL DENGAN KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN TERAKREDITASI A DI KOTA MAKASSAR
(1) Prodi Pendidikan IPA FMIPA Universitas Negeri Makassar
(2) Prodi Pendidikan IPA FMIPA Universitas Negeri Makassar
(3) Prodi Pendidikan IPA FMIPA Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v4i1.11334
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Anderson. (2015). Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran dan Asesmen (Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom). Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Ardhana, I.A. (2020). Dampak Process-Oriented Guided-Inquiry Learning (POGIL) terhadap Pengetahuan Metakognitif Siswa pada Topik Asam-Basa. HYDROGEN: JURNAL KEPENDIDIKAN KIMIA JUNI 2020. VOL.8, NO.1 E-ISSN: 2656-3061 PP.1-10
Arifin, Z. (2014). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Depdiknas. (2003). Undang-undang RI No.20 tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional.
Hasan, M. I. (2012). Pokok-pokok Materi Statistik 2 (Statistik Inferensif) Edisi Kedua. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Hayu, R. M., Ardi, & Yanti, F. (2017). Hubungan Kemampuan Metakognisi Dengan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII Di Mtsn Kuranji Padang. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA .
Hırça, N. (2013). The Influence Of Hands On Physics Experiments On Scientific Process Skills According To Prospective Teachers’ Experiences. European J Physics Education .Arifin, Z. (2014). Evaluasi Pembelajaran (Prinsip, Teknik, Prosedur). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Jufri, W. (2017). Belajar dan Pembelajaran Sains: Modal Dasar Menjadi Guru Profesional. Bandung: Penerbit Pustaka Reka Cipta.
Kadir. (2015). Statistika Terapan: Konsep, Contoh, dan Analisis dengan Program SPSS/Lisrel dalam Penelitian. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Kastawaningtyas, A., & Martini. (2017). Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa Melalui Model Experiential Learning Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA.
Keil, C., Haney, J., & Zoffel, J. (2009). Improvements in Student Achievement and Science Process Skills Using Environmental Health Science Problem-Based Learning Curricula. Electronic Journal of Science Education .
Kurniati, T. (2001). Keterampilan Proses Sains Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Tesis. PPs UPI Bandung: Tidak diterbitkan
Lestari, S., Mursali, S., & Royani, I. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Langsung Berbasis Praktikum terhadap Keterampilan Proses Sains dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. BIOSCIENTIST : JURNAL ILMIAH BIOLOGI, 6(1), 67-79. doi: https://doi.org/10.33394/bjib.v6i1.2367
Permendikbud. (2013). Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta.
Ratumanan, T. G., & Laurens, T. (2003). Evaluasi Hasil Belajar yang Relevan dengan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Surabaya: YP3IT.
Rezba, R. J. (2007). Learning and Assessing Science Process Skills. Kendall: Kendall/Hunt Publishing Company.
Rinaldi. (2017). Kesadaran Metakognitif. Jurnal RAP UNP .
Rustaman, A. (2005). Pengembangan Kompetensi (Pengetahuan, Keterampilan, Sikap, Dan Nilai) Melalui Kegiatan Praktikum Biologi. Penelitian Jurusan Pendidikan Biologi FPMIPA UPI Bandung.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,. Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Tawil, M., & Liliasari. (2014). Keterampilan-Keterampilan Sains dan Implementasinya Dalam Pembelajaran IPA. Makassar: Badan Penerbit UNM.
Ulmiah, N., Andriani, N., & Fathurahman, A. (2016). Studi Keterampilan Proses Sains Siswa SMA Kelas X pada Pembelajaran Fisika Pokok Bahasan Suhu dan Kalor Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation di SMA Negeri 11 Palembang. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika Issn: 2355 – 7109
Wildayati, Sartika, R.P., & Lestari, I. (2020). Penerapan Metode praktikum materi asam, basa, dan garam terhadap keterampilan proses sains siswa smp. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran khatulistiwa. vol. 9 no.4.
Article Metrics
Abstract view : 646 times | PDF view : 111 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar
Alamat Redaksi:
Indexed By:
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.