PENGEMBANGAN MODUL IPA TERPADU BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS MATERI CAHAYA DAN OPTIK
(1) Prodi Pendidikan IPA FMIPA Universitas Negeri Makassar
(2) Prodi Pendidikan IPA FMIPA Universitas Negeri Makassar
(3) Prodi Pendidikan IPA FMIPA Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v4i1.11296
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.
Depdiknas. (2005). Panduan Pengembangan Pembelajaran IPA Terpadu. Jakarta: Puskur Balitbang Depdiknas.
Dewi, K., Sadia, I W,.& Ristiati, N.P. (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Ipa Terpadu dengan Setting Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Kinerja Ilmiah Siswa. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan IPA. Vol 3.
Direktorat Tenaga Kependidikan Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Diakses Tanggal 13 Juli 2019. “IntrumenPengawasanSekolah”.http://file.upi.edu/direktori/fip/jur._administrasi_pendidikan/197205282005011-nur_aedi/4-25/materi_4.pdf
Gregory, R.J. (2007). Psychological Testing: History, Principles and Apllication. Boston: Pearson.
Hake, R. (1991). Analizing Change/Gain Scare. Diakses pada tanggal 28 Juli 2017.http://www.physis.indiana.edu/sdi/analyzingchangegain.pdf
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2015). Dokumen Kurikulum 2013. Jakarta: Balitbang Depdiknas.
Mala, N.A., & Widodo, W. (2017). Kelengkapan Media Dalam Pembelajaran IPA Serta Keterampilan Proses Sains Pada Siswa Kelas VIII SMP. E-Journal Pensa.Volume 05 Nomor 03.
Octavia, Friska Rosa. (2015). Pengembangan Modul Pembelajaran Ipa Smp Pada Materi Tekanan Berbasis Keterampilan Proses Sains. Jurnal Pendidikan Fisika. Vol. Iii. No. 1.
Tamher, S. (2006). Hubungan antara Kelulusan Sipenmaru dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Keperawatan Poltekkes Jakarta III. Diakses tanggal 3 Nopember 2011 darihttp://isjd.pdii.lipi.go.id/admin/jurnal/2106 924.pdf.
Thiagarajan, S., Semmel D.S dan Semmel M.I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Expectacional Children. Indiana: University Bloomington.
Trianto. (2014). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta : Bumi Aksara.
Article Metrics
Abstract view : 753 times | PDF view : 167 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar
Alamat Redaksi:
Indexed By:
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.