PENGEMBANGAN MODUL IPA TERPADU BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS MATERI CAHAYA DAN OPTIK

Rahmania Rahmania(1*), Ramlawati Ramlawati(2), Muhammad Aqil Rusli(3),

(1) Prodi Pendidikan IPA FMIPA Universitas Negeri Makassar
(2) Prodi Pendidikan IPA FMIPA Universitas Negeri Makassar
(3) Prodi Pendidikan IPA FMIPA Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v4i1.11296

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran berbasis keterampilan proses sains yang valid, praktis, dan efektif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMPN 1 Sungguminasa dengan jumlah 12 orang. Penelitian ini menggunakan model 4D Thiagarajan (Define, Design, Develop, Disseminate). Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan menggunakan instrumen lembar validasi ahli untuk menilai keavalidan, angket untuk menilai kepraktisan, dan tes untuk menilai keefektifan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian pada tim ahli/pakar menunjukkan bahwa rata-rata skor perangkat tergolong valid dengan validasi konten bernilai 1 dari nilai maksimum 1. Hal ini berarti modul yang dikembangkan secara konseptual sudah layak untuk digunakan. Selanjutnya persentase hasil penilaian kepraktisan oleh pendidik menunjukkan kriteria sangat positif dengan persentase 92,8% artinya pendidik dapat menggunakan dan menerima modul tersebut untuk digunakan dalam proses pembelajaran, begitupun dengan persentase hasil respons peserta didik terhadap modul yang dikembangkan menunjukkan kriteria sangat positif dengan persentase 92,3% artinya peserta didik memberikan respons positif terhadap modul yang dikembangkan. Selanjutnya keterampilan proses sains yang dinilai dari hasil N-gain terdapat 83,33% tergolong ke dalam kategori sedang. Hal ini menunjukkan terdapat peningkatan keterampilan proses sains. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa modul IPA terpadu berbasis keterampilan proses sains memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Depdiknas. (2005). Panduan Pengembangan Pembelajaran IPA Terpadu. Jakarta: Puskur Balitbang Depdiknas.

Dewi, K., Sadia, I W,.& Ristiati, N.P. (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Ipa Terpadu dengan Setting Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Kinerja Ilmiah Siswa. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan IPA. Vol 3.

Direktorat Tenaga Kependidikan Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Diakses Tanggal 13 Juli 2019. “IntrumenPengawasanSekolah”.http://file.upi.edu/direktori/fip/jur._administrasi_pendidikan/197205282005011-nur_aedi/4-25/materi_4.pdf

Gregory, R.J. (2007). Psychological Testing: History, Principles and Apllication. Boston: Pearson.

Hake, R. (1991). Analizing Change/Gain Scare. Diakses pada tanggal 28 Juli 2017.http://www.physis.indiana.edu/sdi/analyzingchangegain.pdf

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2015). Dokumen Kurikulum 2013. Jakarta: Balitbang Depdiknas.

Mala, N.A., & Widodo, W. (2017). Kelengkapan Media Dalam Pembelajaran IPA Serta Keterampilan Proses Sains Pada Siswa Kelas VIII SMP. E-Journal Pensa.Volume 05 Nomor 03.

Octavia, Friska Rosa. (2015). Pengembangan Modul Pembelajaran Ipa Smp Pada Materi Tekanan Berbasis Keterampilan Proses Sains. Jurnal Pendidikan Fisika. Vol. Iii. No. 1.

Tamher, S. (2006). Hubungan antara Kelulusan Sipenmaru dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Keperawatan Poltekkes Jakarta III. Diakses tanggal 3 Nopember 2011 darihttp://isjd.pdii.lipi.go.id/admin/jurnal/2106 924.pdf.

Thiagarajan, S., Semmel D.S dan Semmel M.I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Expectacional Children. Indiana: University Bloomington.

Trianto. (2014). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta : Bumi Aksara.


Article Metrics

Abstract view : 753 times | PDF view : 167 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar

Alamat Redaksi:


Indexed By:

 

Creative Commons License
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.