PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERINTEGRASI PRAKTIKUM TERHADAP HASIL BELAJAR IPA

Sidiq Almien Syahwi(1*), Nurhayani Haji Muhiddin(2), Ramlawati Ramlawati(3),

(1) Prodi Pendidikan IPA FMIPA Universitas Negeri Makassar
(2) Prodi Pendidikan IPA FMIPA Universitas Negeri Makassar
(3) Prodi Pendidikan IPA FMIPA Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v4i1.11295

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat hasil belajar IPA peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Balanipa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) dan konvensional pada materi pokok struktur dan fungsi tumbuhan dan ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Balanipa pada materi pokok struktur dan fungsi tumbuhan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi-Eksperiment) dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Balanipa sekaligus sebagai sampel, yang terdiri dari 2 kelas. Instrument penelitian hasil belajar  berupa tes hasil belajar berbentuk pilihan ganda yang berjumlah 25 item soal yang telah divalidasi ahli. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah pemberian pretest dan posttest. Data dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil analisis deskriptif disimpulkan bahwa hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Balanipa materi pokok struktur dan fungsi tumbuhan yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) pada berada pada kategori tinggi dengan rata-rata skor 17.58 dan yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung berada pada kategori sedang dengan rata-rata skor 15.44 dan terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Balanipa pada materi pokok struktur dan fungsi tumbuhan.

Full Text:

PDF

References


Afoan, M. Y., Sepe, F., & Djalo, A. (2016). Evektifitas Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Dan Aktivitas Siswa Pada Materi Sistem Pernapasan Pada Manusia. Jurnal Pendidikan , Vol. 1, No. 10. 2054-2058.

Asdar, A. F. (2016). Pengaruh Pelaksanaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair ShareTerhadap Hasil Belajar IPS Siswa. Journal Of EST , Volume 2, Nomor 2. 56-64.

Asmadi. (2008). Pendidikan & Keperawatan. Jakarta: Katalog Dalam Terbitan (KDT).

Budiati, A. (2018). Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA di MTs N Gondowulung. Jurnal Pendidikan Madrasah , Vol. 3, No. 1. 65-76.

Gunawan, I., & Palupi, A. R. (2016). Taksonomi Bloom-Revisi Ranah Kognitif: Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Penilaian. Premiere Educandum Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran , 98-117.

Hake, R. (1999). Analyzing Change Gain Score. America: American Education Research Methodology.

Handayani, R. D. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar PKn Siswa di Kelas IV MI Terpadu Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar , Vol. 4, No. 2. 107-123.

Purwanto. (2016). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Ratumanan. (2015). Inovasi Pembelajaran Mengembangkan Kompetensi Peserta Didik Secara Optimal. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Sugiharti, E. H. (2018). Efektivitas Think Pair ShareTerhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Awal. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia , 505-510.

Supardi. (2015). Penilaian Autentik Pembelajaran Afektif, Kognitif, dan Psikomotorik (Konsep dan Aplikasi). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Wardana, L. W. (2017). Implementation Of Collaborative Learning Model Thinking Pair Share (TPS) and Arias To Improve Student Learning Results In Entrepreneurship Subjects. International Journal Of Academic Research In Business and Social Sciences, Vol. 7, No. 7.435-444.

Windayariani, S. (2019). Pembelajaran Berbasis Konteks & kreativitas. Yogyakarta: Grup Penerbit CV Budi Utama.


Article Metrics

Abstract view : 714 times | PDF view : 106 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar

Alamat Redaksi:


Indexed By:

 

Creative Commons License
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.