PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERINTEGRASI PRAKTIKUM TERHADAP HASIL BELAJAR IPA
(1) Prodi Pendidikan IPA FMIPA Universitas Negeri Makassar
(2) Prodi Pendidikan IPA FMIPA Universitas Negeri Makassar
(3) Prodi Pendidikan IPA FMIPA Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v4i1.11295
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Afoan, M. Y., Sepe, F., & Djalo, A. (2016). Evektifitas Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Dan Aktivitas Siswa Pada Materi Sistem Pernapasan Pada Manusia. Jurnal Pendidikan , Vol. 1, No. 10. 2054-2058.
Asdar, A. F. (2016). Pengaruh Pelaksanaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair ShareTerhadap Hasil Belajar IPS Siswa. Journal Of EST , Volume 2, Nomor 2. 56-64.
Asmadi. (2008). Pendidikan & Keperawatan. Jakarta: Katalog Dalam Terbitan (KDT).
Budiati, A. (2018). Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA di MTs N Gondowulung. Jurnal Pendidikan Madrasah , Vol. 3, No. 1. 65-76.
Gunawan, I., & Palupi, A. R. (2016). Taksonomi Bloom-Revisi Ranah Kognitif: Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Penilaian. Premiere Educandum Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran , 98-117.
Hake, R. (1999). Analyzing Change Gain Score. America: American Education Research Methodology.
Handayani, R. D. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar PKn Siswa di Kelas IV MI Terpadu Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar , Vol. 4, No. 2. 107-123.
Purwanto. (2016). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Ratumanan. (2015). Inovasi Pembelajaran Mengembangkan Kompetensi Peserta Didik Secara Optimal. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
Sugiharti, E. H. (2018). Efektivitas Think Pair ShareTerhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Awal. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia , 505-510.
Supardi. (2015). Penilaian Autentik Pembelajaran Afektif, Kognitif, dan Psikomotorik (Konsep dan Aplikasi). Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Wardana, L. W. (2017). Implementation Of Collaborative Learning Model Thinking Pair Share (TPS) and Arias To Improve Student Learning Results In Entrepreneurship Subjects. International Journal Of Academic Research In Business and Social Sciences, Vol. 7, No. 7.435-444.
Windayariani, S. (2019). Pembelajaran Berbasis Konteks & kreativitas. Yogyakarta: Grup Penerbit CV Budi Utama.
Article Metrics
Abstract view : 714 times | PDF view : 106 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar
Alamat Redaksi:
Indexed By:
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.