STUDI KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 12 MAKASSAR

Salsabila Yusuf Saleh(1*), Nurhayani H. Muhiddin(2), Muhammad Aqil Rusli(3),

(1) Prodi Pendidikan IPA
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v3i2.11294

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keterampilan proses sains peserta didik kelas 8 SMP Negeri 12 Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian survey. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 12 Makassar sebanyak 379 peserta didik. Sampel pada penelitian ini berjumlah 80 peserta didik dari 11 kelas yang berbeda yang dipilih melalui teknik random sampling. Instrumen penelitian berupa tes keterampilan proses sains berupa soal pilihan ganda berjumlah 25 item soal yang mewakili setiap aspek keterampilan proses sains: mengobservasi, merumuskan masalah, membuat hipotesis, merancang percobaan, mengkomunikasikan, menarik kesimpulan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan memberikan tes keterampilan proses sains kepada sampel penelitian. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Analisis deskriptif digunakan untuk menyelidiki skor rata-rata keterampilan proses sains peserta didik dan skor rata-rata peserta didik adalah sebesar 15, 24 dan berada dalam kategori sedang. Sedangkan analisis inferensial digunakan untuk mengetahui taksiran rata-rata keseluruhan populasi, diperoleh taksiran skor rata-rata untuk keseluruhan populasi berada dalam rentang 14, 41 sampai dengan 16, 04 yang berarti berada dalam kategori sedang dan tinggi.


Full Text:

PDF

References


Diella, D., Ardiansyah, R., Suhendi, H. Y. (2019). Pelatihan Pengembangan LKPD Berbasis Keterampilan Proses Sains (KPS) dan Penyusunan Instrument Asesmen KPS Bagi Guru IPA. Jurnal Publikasi Pendidikan, Vol. 9, No. 1.

Hamadi, A. A. L. (2018). Pemahaman Guru Terhadap Keterampilan Proses Sains (KPS) dan Penerapannya Dalam Pembelajaran IPA SMP Di Salatiga. Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika, Vol. 6, No. 2.

Rahayu, A. H., & Anggraeni, P. (2017). Analisis Profil Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Sumedang. Jurnal Pesona Dasar, Vol. 5, No. 2.

Rahman, A., Wahyuni, I., & Rifqiawati, I. (2017). Profil Keterampilan Proses Sains dan Sikap Ilmiah Siswa di SMP Satu Atap Pulau Tunda. SEJ, Vol. 7, No. 1.

Rezba, J. R. (1999). Learning and Asessing science process skill Four Edition. Kendall: Hunt Publishing Company.

Risamasu, P. V. M. (2016). Peran Pendekatan Keterampilan Proses Sains dalam Pembelajaran IPA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Jayapura 2016.

Satriani., Taiyeb, A. M., Mu’nisa, A. (2018). Analisis Hubungan Pelaksanaan Praktikum Dengan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Biologi Peserta Didik SMA Negeri di Kota Bulukumba. Prosiding Seminar Nasional Biologi dan Pembelajarannya.

Sifah, L., & Sumarno. (2016). Profil Keterampilan Proses Sains (KPS) Siswa SMP Negeri Se-Kota Semarang. Prosiding Seminar Nasional.

Sudjana, N. (2005). Metode Statistika. Bandung: PT. Tarsito.

Sufairoh. (2016). Pendekatan Saintifik & Model Pembelajaran K-13. Jurnal Pendidikan Profesional, Vol. 5, No. 3.

Sukarno, Permanasari, A., & Hamidah, I. (2013). Profil Keterampilan Proses Sains Siswa di SMP Negeri (studi kasus di Jambi). Jurnal internasional teknik ilmiah dan penelitian (IJSER).

Tawil, M., & Liliasari. (2014). Keterampilan–keterampilan sains dan implementasinya dalam pembelajaran IPA. Makassar: UNM.

Tiro, M. A. (2015). Dasar-dasar statistika edisi ketiga. Makassar: Andira Publisher.

Wiratana, I. K., SadiaI, W., & Suma, K. (2013). Pengaruh model pembelajaran koperatif tipe investigasi kelompok (group investigation) terhadap keterampilan proses dan hasil belajar sains siswa SMP. Jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA, Vol. 3, No. 2.


Article Metrics

Abstract view : 21 times | PDF view : 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar

Alamat Redaksi:
Jl. Daeng Tata Raya, Parangtambung, Tamalate, Sulawesi Selatan, Indonesia, 90244
Email: jit@unm.ac.id
CP: 085255626679

Indexed by: