PENGARUH METODE EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 2 BANTAENG (Studi Pada Materi Pokok Sistem Pencernaan Manusia)

Dina Rahmawati(1*), Abdul Mun'im(2), Sitti Rahma Yunus(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v2i2.11166

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Peningkatan hasil belajar peserta didik yang diajar menggunakan metode eksperimen kelas VIII SMP Negeri 2 Bantaeng 2) Peningkatan hasil belajar peserta didik yang diajar menggunakan metode konvensional kelas VIII SMP Negeri 2 Bantaeng (3) Pengaruh metode eksperimen terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Bantaeng  pada materi sistem pencernaan pada manusia. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperiment. Desain penelitian ini adalah Non Equivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 2 Bantaeng tahun ajaran 2018/2019 yang terdiri dari 5 kelas dengan jumlah peserta didik 125 orang. Pengambilan sampel dipilih dua kelas dengan menggunakan teknik Accidental sampling. Penelitian ini melibatkan sebanyak 44 peserta didik yang terbagi menjadi dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan instrument tes yang berupa pilihan ganda sebanyak 25 butir soal untuk mengukur peningkatan hasil belajar peserta didik. Hasil analisis deskriptif rerata N-Gain pada kelas eksperimen berada pada kategori tinggi yaitu  0.72  sedangkan pada kelas kontrol berada pada kategori sedang  yaitu 0.62 . Berdasarkan hasil analisis statistik inferensial mengunakan uji hipotesis diperoleh bahwa Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode eksperimen terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Bantaeng  pada materi sistem pencernaan manusia.

Full Text:

PDF

References


Abidin, Y. (2014). Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Utama.

Andiasari, Liena. (2015). Penggunaan Model Inquiry dengan Metode Eksperimen dalam Pembelajaran IPA di SMPN 10 Probolinggo. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan. Vol.3, No.2.

Hake, R. R. (1999). Analyzing Change/Gain Scores. (http://www.physics.indiana.edu/~sdi/AnalyzingChange-Gain.pdf), diakses 20 Februari 2018.

Kisworo, M. W. (2016). Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Asik Generation.

Oviana, W., & Maulidar. (2013). Penggunaan Metode Eksperimen Pada Pembelajaran Materi Bahan dan Kegunaannya Terhadap Hasil dan Respon Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA Februari 2013. Vol. 3, No. 2.

Rahmawati, D., Maladona, A., & Arif, G, A. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Eksperimen Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa . Jurnal Bioedukasi. Volume. 3, No. 2

Sudjana, N. (2005). Metode Statistika. Bandung: PT. Tarsito.

Sulistyorini, A. K., Pujayanto., & Yusliana, E. E. (2013). Analisis Pencapaian Kompetensi Kognitif Tingkatan Aplikasi (C3) dan Analisis dalam Pembelajaran (C4). Jurnal Pendidikan. Vol. 1, No. 1.

Suryani, N., & Agung, L. (2012). Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Ombak (Anggota IKAPI).


Article Metrics

Abstract view : 479 times | PDF view : 122 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar

Alamat Redaksi:


Indexed By:

 

Creative Commons License
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.