PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA KIT IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 3 PALLANGGA KABUPATEN GOWA

Cinta Wulandasari(1*), Abdul Mun'im(2), Sitti Saenab(3),

(1) MTs Nurul Jadid
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v2i2.11163

Abstract


Penelitian ini adalah eksperimental-Semu (quasi-experimental research) bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh penggunaan alat peraga KIT IPA melalui model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division STAD terhadap hasil belajar IPA peserta didik di VIII SMP Negeri 3 Pallangga, Kabupaten Gowa studi pada materi pokok alat optik. Variabel bebas dalam penelitian ini pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) menggunakan alat peraga KIT IPA dan pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) tanpa alat peraga KIT IPA, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar peserta IPA didik. Desain penelitian ini adalah pretest-postest nonequivalent control group design. Instrumen penelitian ini berupa tes hasil belajar terdiri dari 25 soal pilihan ganda yang sudah divalidasi oleh validator ahli. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah memberikan tes (pretest-posttest) hasil belajar pada kedua kelas. Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan alat peraga KIT IPA melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar peserta didik dapat dilihat dari hasil analisis deskriptif dan inferensial dengan menggunakan uji-t untuk kedua kelas. Hasil analisis data dan pembahasan diperoleh untuk kelas eksperimen maupun kelas kontrol berada pada kategori sedang. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh bahwa H0 ditolak dan H1 diterima yang artinya ada pengaruh penggunaan alat peraga KIT IPA melalui model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar IPA peserta didik di VIII SMP Negeri 3 Pallangga, Kabupaten Gowa studi pada materi pokok alat optik.

Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. 2014. Media Pembelajaran (edisi revisi). Jakarta: Rajda Grafindo Persada.

Hidayati, N. (2015). Pengaruh Pengguan Alat Peraga IPA terhadap Hasil Belajar Tema Pahlawanku Pokok Bahasa Sifat-Sifat Cahaya Siswa Kelas IV SDN Randuagung 01-Lumajang Tahun Pelajaran 2014/2015. (Skripsi). Universitas Jember, Jawa Timur.

Permendikbud. (2013). Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta.

Rusman. 2013. Model-Model Pembelajaran (mengembangkan profesionalisme Guru Edisi kedua). Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Sudjana. (2005). Metode Statistika edisi ke 6. Bandung: Tarsito.

Sukmadinata, N. S. (2004). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung. Remaja Rosdakarya.

Syah. (2014). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Wena, M. (2008). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontenporer. Malang: PT Bumi Aksara.


Article Metrics

Abstract view : 33 times | PDF view : 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.