PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY TERHADAP KETEREMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 2 LILIRILAU (Studi Pada Pada Materi Pokok Interaksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungan)

Achmad Zulkifli Hasan(1*), Ramlawati Ramlawati(2), Ratnawaty Mamin(3),

(1) SMPN 1 Lilirilau Kabupaten Soppeng
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v2i2.11162

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan proses sains peserta didik yang dibeajarkan melalui model pembelajaran guided inquiry dan yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional, serta untuk mendeksripsikan apakah keterampilan proses sains peserta didik yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Guided inquiry lebih tinggi dari model pembelajaran konvensional di kelas VII SMP Negeri 2 Lilirilau tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan menggunakan desain Nonequivalent Kontrol Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Lilirilau tahun ajaran 2016/2017 yang terdiri dari 5 kelas dengan jumlah 105 orang dan sampel dipilih dengan menggunakan double random sampling. Pengolahan data hasil penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif untuk menggambarkan keterampilan proses sains peserta didik dan teknik analisis inferensial untuk menguji hipotesis penelitian. Berdasarkan analisis deskriptif didapatkan bahwa rata-rata keterampilan proses sains peserta didik yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Guided inquiry berada pada kategori tinggi sedangkan nilai rata-rata keterampilan proses sains peserta didik yang dibelajarkan dengan model konvensional berada pada kategori sedang masing-masing. Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Guided inquiry terhadap keterampilan proses sains peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Lilirilau pada taraf nyata α=0,05.

Full Text:

PDF

References


Delismar, R. A. (2013). Peningkatan Kreativitas dan Keterampilan Proses sains Peserta didik melalui Penerapan Model Grup Investigation. Edu-Sains. Vol. 1 No. 2.

Neka, I. K. (2015). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis lingkungan terhadap keterampilan berpikir kreatif dan penguasaan konsep IPA Kelas V SD Gugus VIII Kecamatan Abang. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Dasar.

Paidi. (2005). Peningkatan Scientific Skill Peserta didik Melalui Implementasi Metode Guided Inquiry Pada Pembelajaran Biologi. FMIPA: Universitas Negeri Yogyakarta.

Tangkas, I. M. (2012). Pengaruh implementasi model pembelajaran inkuiri termbimbing terhadap kemampuan pemahaman konsep dan keterampilan proses sains peserta didik SMA X Amplapura.

Tawil, M. (2014). Keterampilan Proses Sains dan Implementasinya dalam Pembelajaran IPA. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Wiwin, A. (2013). Penerapan pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains dasar pada pelajaran biologi peserta didik kelas VIII SMP Negeri 7 Surakarta. Pendidikan Biologi. Vol.5 No. 1. 81-95.


Article Metrics

Abstract view : 377 times | PDF view : 38 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar

Alamat Redaksi:


Indexed By:

 

Creative Commons License
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.