PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 3 PALANGGA KABUPATEN GOWA

Ridha Alfiana(1*), Ratnawaty Mamin(2), Sitti Rahma Yunus(3),

(1) SMPN 2 Wotu
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v2i1.11159

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh Metode PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII SMPN 3 Palangga Kabupaten Gowa. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Metode PQ4R dan metode konvensional dan variabel terikatnya adalah hasil belajar peserta didik Kelas VII SMPN 3 Palangga pada materi pokok Ekosistem. Populasi penelitian ini adalah kelas VII SMPN 3 Palangga yang terdiri atas 7 kelas dengan peserta didik sebanyak 208 peserta didik. Teknik pengambilan sampel yaitu double random sampling. Sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yaitu kelas VII2 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah peserta didik 30 dan kelas VII4 sebagai kelas kontrol dengan jumlah peserta didik 30 orang. Penelitian ini menggunakan Instrument soal pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar peserta didik dan lembar observasi keterlaksanaan model. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan memberikan pretest dan posttest dan dengan menggunakan lembar keterlaksanaan model. Data hasil penelitian pretest dan posttest kemudian dianalisis dengan analisis deskriptif dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 33 dan kelas kontrol 30,7 pada pretest, pada posttest rata-rata kelas eksperimen adalah 85,83 dan kelas kontrol 79,63. Setelah analisis deskriptif dilakukan analisis inferensial menggunakan uji-t. Hasil analisis statistik inferensial thitung=3,4>t(0,05;58)=1,67, maka dapat disimpulkan bahwa Metode PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII SMPN 3 Palangga pada materi pokok Ekosistem.

Full Text:

PDF

References


Agus, P.W., I Md, Nyn Wirya, Ign. I Wyn Suwatra. (2014). Pengaruh Metode Pembelajaran PQ4R Terhadap Hasil Belajaripasiswa Kelas VIII Di Smp Negeri 1 Sawan. e-Journal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Teknologi Pendidikan. Vol: 2 No: 1.

Andi Afrisal. (2011). Pengaruh Metode PQ4R Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Pare-Pare Pada Materi Ikatan Kimia. (Skripsi). Universitas Negeri Makassar, Makassar.

Dahar.R.W. (2002). Teori-teori Belajar. Jakarta. P2LPTK.

Sudarman. (2009). Peningkatan pemahaman dan daya ingat siswa melalui strategi Preview, Question, Read, reflect, recite, dan Review (PQ4R). Jurnal pendidikan Invatif. Vol.4. No.2.

Sudiarti, Ni Ketut, I Wyn Suwatra, Ni Nyoman Kusmariyatni. (2015). Pengaruh Strategi Pembelajaran PQ4R Berbantuan Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD. Jurnal PGSD Vol.3 No 1.

Suyono & Hariyanto. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rahmaniah T., Sutresna I.B., & Artawan, G. (2016). Penerapan Teknik PQ4R Berbantuan Media Cerpen Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Naskah Drama Siswa Kelas XI IPB2 Sma Negeri 2 Gerokgak. Universitas Pendidikan Ganesha. e-Journal JPBSI Undiksha. Vol. 4 No. 2.

Trianto. (2007). Model-model pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Surabaya: Kencena.

Wahyuningsih, A.N. (2012). Pengembangan Media Komik Bergambar Materi Sistem Saraf untuk Pembelajaran Menggunakan Strategi PQ4R. Journal of Innovative Science Education. Vol 5 No 3.

Wajdi Badrul, Widha Sunarno, Suparmi. 2014. Pembelajaran Fisika Menggunakan Strategi Peta Konsep (Concept Map) Dan Strategi Pq4r (Preview, Questions, Read, Reflect, Recite, And Review) Ditinjau Dari Motivasi Belajar Dan Tingkat Berfikir Abstrak Siswa. Universitas Sebelas Maret. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika (JMPF).Vol 1. No. 1.


Article Metrics

Abstract view : 309 times | PDF view : 22 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar

Alamat Redaksi:


Indexed By:

 

Creative Commons License
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.