PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 3 PALANGGA KABUPATEN GOWA
(1) SMPN 2 Wotu
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v2i1.11159
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Agus, P.W., I Md, Nyn Wirya, Ign. I Wyn Suwatra. (2014). Pengaruh Metode Pembelajaran PQ4R Terhadap Hasil Belajaripasiswa Kelas VIII Di Smp Negeri 1 Sawan. e-Journal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Teknologi Pendidikan. Vol: 2 No: 1.
Andi Afrisal. (2011). Pengaruh Metode PQ4R Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Pare-Pare Pada Materi Ikatan Kimia. (Skripsi). Universitas Negeri Makassar, Makassar.
Dahar.R.W. (2002). Teori-teori Belajar. Jakarta. P2LPTK.
Sudarman. (2009). Peningkatan pemahaman dan daya ingat siswa melalui strategi Preview, Question, Read, reflect, recite, dan Review (PQ4R). Jurnal pendidikan Invatif. Vol.4. No.2.
Sudiarti, Ni Ketut, I Wyn Suwatra, Ni Nyoman Kusmariyatni. (2015). Pengaruh Strategi Pembelajaran PQ4R Berbantuan Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD. Jurnal PGSD Vol.3 No 1.
Suyono & Hariyanto. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rahmaniah T., Sutresna I.B., & Artawan, G. (2016). Penerapan Teknik PQ4R Berbantuan Media Cerpen Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Naskah Drama Siswa Kelas XI IPB2 Sma Negeri 2 Gerokgak. Universitas Pendidikan Ganesha. e-Journal JPBSI Undiksha. Vol. 4 No. 2.
Trianto. (2007). Model-model pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Surabaya: Kencena.
Wahyuningsih, A.N. (2012). Pengembangan Media Komik Bergambar Materi Sistem Saraf untuk Pembelajaran Menggunakan Strategi PQ4R. Journal of Innovative Science Education. Vol 5 No 3.
Wajdi Badrul, Widha Sunarno, Suparmi. 2014. Pembelajaran Fisika Menggunakan Strategi Peta Konsep (Concept Map) Dan Strategi Pq4r (Preview, Questions, Read, Reflect, Recite, And Review) Ditinjau Dari Motivasi Belajar Dan Tingkat Berfikir Abstrak Siswa. Universitas Sebelas Maret. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika (JMPF).Vol 1. No. 1.
Article Metrics
Abstract view : 309 times | PDF view : 22 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar
Alamat Redaksi:
Indexed By:
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.