PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 5 PALLANGGA KAB. GOWA (Studi Pada Materi Pokok Pencemaran Lingkungan)
(1) MTs Muhammadiyah Bontorita
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v2i1.11158
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Herman, T. (2007). Pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir matematis tingkat inggi siswa sekolah menengah pertama. Educationist. Vol. 1. No. 1.
Husnidar, I. M., & R, S. (2014). Penerapan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan disposisi matematis siswa. Jurnal Didaktik Matematika. Vol 1, No 1.
Lestrari, N. N S. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar fisika bagi siswa kelas VII SMP. Program Studi Teknologi Pembelajaran Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja.
Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru Edisi Kedua. Jakarta; PT Raja grafindo Persada.
Sadia, I, W. 2007. Pengembangan kemampuan berpikir formal siswa SMA melalui penerapan model pembelajaran “Problem Based Learning” dan “Cycle Learning” dalam pembelajaran fisika. Vol. 1, No. 1.
Trianto. (2014). Model pembelajaran terpadu: konsep, strategi, dan implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: PT Bumi Aksara.
Yance, R. D., Ramli, E., & Mufir, F. (2013). Pengaruh penerapan model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar fisika siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Batipuh Kabupaten Tanah Datar. Pillar Of Phyisics Education. Vol 1, hal 48-54.
Article Metrics
Abstract view : 2085 times | PDF view : 281 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar
Alamat Redaksi:
Indexed By:
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.