PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK PADA MATERI POKOK ALAT OPTIK

Selviyanti Selviyanti(1*), Ramlawati Ramlawati(2), Sitti Rahma Yunus(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v2i1.11155

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk 1) menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing yang valid untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi pokok alat optik, 2) mengetahui peningkatan hasil belajar IPA peserta didik dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing, 3) mengetahui respon perolehan terhadap perangkat pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development) model four D (model 4-D) yang dibatasi sampai tahap ke-3 pengembangan. Uji coba produk menggunakan one group pretest-posttest design, yang di laksanakan di SMPN 1 Sungguminasa kelas VIIIA tahun pelajaran 2016/2017 semester genap, dengan jumlah subyek 30 orang. Instrumen penelitian ini adalah lembar validasi, instrumen tes hasil belajar dan angket respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing pada materi alat optik yang dikembangkan memiliki kriteria valid dengan rata-rata skor penilaian validator untuk rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) sebesar 2.93 dan lembar kerja peserta didik (LKPD) sebesar 3.02. Peningkatan hasil belajar dianalisis dengan N-gain, dengan hasil uji coba yaitu sebanyak 23% peserta didik berada pada kategori tinggi, sebanyak 73%  berada pada kategori sedang, dan sebanyak 3%  peserta didik berada pada kategori rendah. Respon peserta didik terhadap perangkat pembelajaran  berbasis inkuiri terbimbing  pada materi pokok alat optik adalah 12 orang memberikan respon sangat positif dan 18 orang memberikan respon positif.

Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. (2007). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Asih & Eka. (2014). Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta : Bumi Akasara.

Dwi & Rudiana, (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berkarakter Berbasis Inkuiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa SMP. Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Surabaya, 20 September 2014.

Hamalik. (2014). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Akasara.

Kurniawan, H.E. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA SMP Berbasis Problem Based Learning pada materi Getaran dan Gelombang. Jurnal Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP. Universitas Sebelas Maret Surakarta. Vol 02, No. 01, Maret 2016.

Nurdin. (2007). Penilaian Hasil Belajar, Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya Offset Bandung.

Sanjaya, W. (2010). Kurikulum dan Pembelajaran Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Saputra, A. (2012). Peningkatan Ketrampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Strategi guidet inqury di SMP Negeri 5 Surakarta kelas VIII tahun pembelajaran 2011/2012. Journal Bio-Pedagogi. Vol.1 (1) 25 Maret 2012.

Susilo, Kardi, & Supardi. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama. Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Vol. 6, No. 1, Nov 2016.

Trianto. (2014). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.


Article Metrics

Abstract view : 304 times | PDF view : 40 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar

Alamat Redaksi:


Indexed By:

 

Creative Commons License
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.