PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 5 PALLANGGA
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v2i1.11153
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Budiantini, Suartama, & Japa. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Koopertaif tipe Talking Stick Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD. e-journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Mimbar PGSD. Vol.5, No.2. Tahun 2017. Diakses pada tanggal 11 November 2017.
Huda, M. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Janayanti, F., Parmiti, P., & Gading, K. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD. e-journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Mimber PGSD Vol.5, No.2, Tahun. 2017. Diakses pada tanggal 8 November 2017
Kurniasih, I. & Sani, B. (2015). Ragam Pengembangan: Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Jakarta: Kata Pena
Munawaroh, R., Subali, B., Sopyan, A. (2012). Penerapan Model Project Based Learning dan Kooperatif Untuk Membangun Empat Pilar Pembelajaran Siswa SMP. Unnes Physics Education Journal. ISSN No 2257-6935. Diakses pada tanggal 9 November 2017
Permendikbud. (2014). Pedoman Pelaksanaan Pembelajaran. Jakarta: Mendikbud Republik Indonesia..
Siregar, S. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Hasil Belajar dan Aktivitas Visual Siswa Pada Konsep Sistem Indra. Jurnal Biotik. ISSN: 2337-9812. Vol.3, N0.2, Tahun 2015. Diakses pada tanggal8 November 2017
Suprijono, A. (2012). Cooperative Learning Teory & Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Article Metrics
Abstract view : 399 times | PDF view : 56 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar
Alamat Redaksi:
Indexed By:
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.