PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 5 PALLANGGA

Musyabirah Musyabirah(1*), Abdul Mun'im(2), Sitti Rahma Yunus(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v2i1.11153

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick terhadap motivasi belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 5 Pallangga dan (2) mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 5 Pallangga. Jenis penelitian adalah eksperimen semu. Desain penelitian ini adalah pretest-posttest nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik SMP Negeri 5 Pallangga yang terdiri atas 7 kelas (203 peserta didik). Pengambilan sampel menggunakan teknik double random sampling. Sampel penelitian yang digunakan 26 orang pada kelas eksperimen dan 26 orang pada kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen angket untuk mengukur motivasi dan instrumen tes hasil belajar yang berupa pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar peserta didik. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan tehnik analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial. Statistik deskriptif bertujuan untuk mengetahui tingkat pengkategorian pada motivasi dan hasil belajar. Hasil analisis inferensial dengan menggunakan uji-t motivasi belajar diperoleh nilai thitung 4,12 >  ttabel 2,07. Dari hasil perhitungan uji-t hasil belajar diperoleh thitung 6,77 > ttabel 2,07. sehingga H0 ditolak dan H1 diterima, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 5 Pallangga.

Full Text:

PDF

References


Budiantini, Suartama, & Japa. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Koopertaif tipe Talking Stick Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD. e-journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Mimbar PGSD. Vol.5, No.2. Tahun 2017. Diakses pada tanggal 11 November 2017.

Huda, M. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Janayanti, F., Parmiti, P., & Gading, K. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD. e-journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Mimber PGSD Vol.5, No.2, Tahun. 2017. Diakses pada tanggal 8 November 2017

Kurniasih, I. & Sani, B. (2015). Ragam Pengembangan: Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Jakarta: Kata Pena

Munawaroh, R., Subali, B., Sopyan, A. (2012). Penerapan Model Project Based Learning dan Kooperatif Untuk Membangun Empat Pilar Pembelajaran Siswa SMP. Unnes Physics Education Journal. ISSN No 2257-6935. Diakses pada tanggal 9 November 2017

Permendikbud. (2014). Pedoman Pelaksanaan Pembelajaran. Jakarta: Mendikbud Republik Indonesia..

Siregar, S. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Hasil Belajar dan Aktivitas Visual Siswa Pada Konsep Sistem Indra. Jurnal Biotik. ISSN: 2337-9812. Vol.3, N0.2, Tahun 2015. Diakses pada tanggal8 November 2017

Suprijono, A. (2012). Cooperative Learning Teory & Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Article Metrics

Abstract view : 399 times | PDF view : 56 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar

Alamat Redaksi:


Indexed By:

 

Creative Commons License
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.