PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDK (LKPD) BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 1 LIBURENG KAB. BONE (Studi Pada Materi Pokok Interaksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungannya)

Andi Reski Adriani(1*), Ramlawati Ramlawati(2), Sudarto Sudarto(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v2i1.11152

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengetahui: (1) validitas LKPD berbasis masalah pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan untuk meningkatkan hasil belajar  peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Libureng, (2) respon peserta didik terhadap pengembangan LKPD berbasis masalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Libureng pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya, dan (3) besar peningkatan hasil belajar  peserta didik kelas VII SMPN 1 Libureng pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya. Subjek penelitian adalah seluruh peserta didik kelas VII.a SMP Negeri 1 Libureng. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan 4-D, dimana tahap-tahap yang dilakukan meliputi pendefenisian (define), perancangan (design) dan pengembangan (develop). Instrumen yang digunakan untuk menguji kevalidan diperoleh berdasarkan lembar validasi LKPD, lembar validasi angket respon peserta didik dan lembar validasi tes hasil belajar. Keefektifan perangkat pembelajaran diperoleh dari tes hasil belajar dan angket respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen yang digunakan memenuhi kriteria valid, respon peserta didik yang diperoleh sangat positif dan tes hasil belajar berdasarkan uji N-Gain yang dilakukan berada dalam kategori tinggi.

Full Text:

PDF

References


De Graff, Edan Kolmos, A. (2003). Characteristics of Problem-Based Learning, (Online), 19(5):657-662, (http://www.ijee.ie), diakses 15 april 2016.

Hamalik, Oemar. (2005). Perencanaan pengajaran berdasarkan pendekatan sistem. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Haryati, Mimin (2007). Model dan Teknik Penilaian Pada Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Press

Kemendikbud. (2014). Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 Tahun Ajaran 2014/2015. Jakarta: Kemendikbud.

Ronis, Diane. (2009). Problem Based Learning for Math and Science. Arlington Heights, Illnois: Skylight Profesional Development.

Sanjaya, Wina. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada media grup.

Suharia, M., Lisdianab, & Widiyaningrum, P. (2013). “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Zat Adiktif dan Psikotropika dengan Problem-based Learning di SMP”. Journal of Innovative Science Education, II (1), 8-16.

Suryadi, D. (2005). Penggunaan Pendekatan Pembelajaran Tidak Langsung serta Pendekatan Gabungan dan Tidak Langsung dalam Rangka Meningkatkan Ke¬mampuan Berpikir Matematik Tingkat Tinggi Siswa SLTP. Disertasi UPI. Tidak Dipublikasikan.

Suyitno. (1997). Dasar-Dasar dan Proses Pembelajaran Matematika. Semarang: UNNES.

Trianto. (2007). Model Pembelajaran Terpadu Dalam Teori dan Praktik, Jakarta: Prestasi Pustaka Plublisher.


Article Metrics

Abstract view : 1337 times | PDF view : 70 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar

Alamat Redaksi:


Indexed By:

 

Creative Commons License
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.