PENGARUH MEDIA GAMBAR PADA MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII MTs MUHAMMADIYAH CABANG MAMAJANG (Studi Pada Materi Pokok Sistem Pencernaan)

Anisah Magfirah(1*), Ratnawaty Mamin(2), Abdul Mun'im(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v2i1.11150

Abstract


Penelitian ini bertujuan :(1) Untuk mengetahui tingkat hasil belajar peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung (2) Untuk mengetahui tingkat hasil belajar peserta didik diajar menggunakan media gambar pada model pembelajaran langsung (3) Untuk mengetahui pengaruh media gambar pada model pembelajaran langsung terhadap hasil belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Quasi-eksperiment dengan menggunakan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII MTs Muhammadiyah Cab.Mamajang semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017 yang terdiri dari empat kelas dengan jumlah peserta didik 114 orang. Adapun Sampel penelitian ini sebanyak dua kelas yaitu kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIB sebagai kelas kontrol yang dipilih secara acak dengan asumsi bahwa seluruh kelas adalah homogen. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini dengan memberikan tes hasil belajar pretest dan posttest dalam bentuk tes objektif dan lembar observasi keterlaksanaan model. Berdasarkan hasil hasil penelitian diperoleh bahwa (1) Tingkat hasil belajar peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung berada pada kategori rendah (2) Tingkat hasil belajar peserta didik yang diajar menggunakan media gambar berada pada kategori tinggi (3) Terdapat pengaruh media gambar terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII MTs Muhammadiyah Cab. Mamajang (Studi Pada Materi Pokok Sistem Pencernaan) tahun ajaran 2016/2017.

Full Text:

PDF

References


Axnesia, R. (2015). Pengaruh Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 1 Sekolag Dasar Negeri 1 Rajabasa Raya Kecematan Rajabasa Kota Bandar Lampung. VOL. 4. N0. 3. Tahun 2014/2015

Nopitasari, A. Indrowati, M. Santosa, S. (2012). Pengaruh Student Created Cose Studies Disertai Dengan Media Gambar Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas X SMA Negeri 1 MOJOLABAN SUKOHARJO. Jurusan Pendidikan Biologi. Fakultas Ilmu Pendidikan Biologi FKIP UNS. VOL 4. No. 3. Tahun 2012

Kardi, S. dan Nur, M. (2000). Pengajaran Langsung. Surabaya: Unesa Universitas Press.

Latifa, I. (2014). Pengaruh Media Gambar Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Bahasa Inggris. Jurusan PGMI FITK IAIN Syekh Nurjati Cirebon.VOL 4. N0. 3. Tahun 2014

Axnesia, R. (2015). Pengaruh Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 1 Sekolag Dasar Negeri 1 Rajabasa Raya Kecematan Rajabasa Kota Bandar Lampung. VOL. 4. N0. 3. Tahun 2014/2015

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta : Kencana.


Article Metrics

Abstract view : 194 times | PDF view : 37 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar

Alamat Redaksi:


Indexed By:

 

Creative Commons License
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.