Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Akademik Berbasis Google Workspace Di SMA PERGIS YAPKI Maros

Ahmad Iman Waworuntu(1*), Al Imran(2), Satria Gunawan Zain(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Akademik Berbasis Google Workspace di SMA PERGIS YAPKI Maros dan untuk mengetahui hasil pengujian kualitas perangkat lunak sistem informasi manajemen akademik berdasarkan standar kualitas perangkat lunak ISO/IEC 25010. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development (R&D) yang menggunakan model pengembangan prototyping dengan tahapan pengumpulan kebutuhan, membangun prototyping, evaluasi prototyping, pengembangan sistem, pengujian sistem, evaluasi sistem, dan implementasi sistem. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan membagikan angket kepada guru dan siswa SMA PERGIS YAPKI Maros. Pengujian sistem menggunakan standar ISO/IEC 25010 yang berfokus pada pengujian functional suitability, maintainability, portability, dan usability. Adapun hasil pengujian sistem yaitu pada pengujian functional suitability diperoleh nilai 1 dengan kategori Layak; pada pengujian maintainability hasil dari pengujiannya telah memenuhi aspek tersebut; pada pengujian portability diperoleh rata-rata pengujian sebesar 1 yang artinya memiliki aspek portability yang tinggi; dan pada pengujian usability diperoleh hasil dengan kategori sangat baik.


Full Text:

PDF

References


Afandi, Soleh. 2011.“Pengembangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web SMK Global Informatika (Studi Kasus)”. Skripsi: Fakultas Teknik Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Akcil, U., Uzunboylu, H., dan Kinik, E. 2021. Integration of Technology to Learning-Teaching Processes and GoogleWorkspace Tools: A Literature Review.

Behkamal, B., Kahani, M., dan Akbari, M. K. 2009. Customizing ISO 9126 Quality Model for Evaluation of B2B Applications.

ISO. (2015). ISO - 25010. Dipetik November 15, 2021, dari http://iso25000.com/index.php/en/iso-25000-standards/iso-25010

Lamada, Mustari. 2020. Pengujian Aplikasi Sistem Monitoring Perkuliahan Menggunakan Standar ISO 25010. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Permendikbud No. 109 Tahun 2013 Tentang Penyelenggaran Pendidikan Jarak Jauh

Sobari, Achmad. 2011. “Pengembagan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web pada SLTP Islam Al-Syukro Ciputat (Studi Kasus)”. Skripsi: Fakultas Teknik Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang Perguruan Tinggi No. 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Jarak Jauh


Article Metrics

Abstract view : 119 times | PDF view : 37 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

    

Published by:

Jurusan Teknik Informatika dan Komputer,

Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar.

Alamat: Kampus UNM Parangtambung, Jl. Daeng Tata Raya, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia

Telpon: 082191045293

Email: irwansyahsuwahyu@unm.ac.id

website statistics View My Stats