Pengembangan Media Pembelajaran Mata Pelajaran Komputer Dan Jaringan Dasar Berbasis Android Kelas X TKJ SMK Negeri 1 Sumarorong Kabupaten Mamasa

Vinni Melfionita(1*), Zulhajji Zulhajji(2), Sanatang Sanatang(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pengembangan media pembelajaran berbasis android, mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis android pada mata pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar dan mengetahui tanggapan pengguna mengenai media pembelajaran berbasis android yang telah dikembangkan. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini diadaptasi dari model pengembangan Multimedia Development Life Cycle (MDLC), versi Luther-Sutopo proses pengembangan dilakukan berdasarkan enam tahap yaitu konsep (concept), perancangan (design), pengumpulan data (material collecting), pembuatan (assembly), pengujian (testing), dan distribusi (distribution). Produk media pembelajaran berbasis android telah divalidasi oleh dua orang ahli materi dan dua orang ahli media. Hasil validasi dua orang ahli materi dan dua orang ahli media menyatakan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan telah layak untuk diuji coba. Uji coba dilakukan sebanyak dua kali, yaitu uji coba satu-satu yang melibatkan 3 orang siswa, dan uji coba lapangan yang melibatkan 26 orang siswa. Hasil penelitian menghasilkan media pembelajaran Komputer dan Jaringan Dasar Berbasis Android. Tanggapan siswa pada uji coba satu-satu dan uji coba lapangan berada pada kategori sangat baik, disimpulkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan berada pada kategori sangat baik.


Full Text:

PDF

References


Abi Hamid, M., Ramadhani, R., Masrul, M., Juliana, J., Safitri, M., Munsarif, M & Simarmata, J. (2020).Media pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Abror, I. Z. (2017). Pengembangan media pembelajaran mobile learning (m-learning) berbasis android untuk siswa kelas xi pada materi struktur dan fungsi organel sel di MAN 3 Kota Banda Aceh (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry Banda Aceh).

Aghni, R. I. (2018). Fungsi dan jenis media pembelajaran dalam pembelajaran akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 16(1), 98-107.

Ahdar, A., & Wardana, W. (2019). Belajar dan pembelajaran: 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis. Penerbit CV Kaaffah Learning Center.

Enterprise, J. (2015). Mengenal dasar-dasar pemrograman android. Elex Media Komputindo.

Gonzalez, M.A., Martin, M.E., Liamas, C., et al. (2015). Teaching and learning physics with smartphones. Journal of Cases on Information Technology, 17, 31-50.

Hermawan S, S. 2011. Mudah membuat aplikasi android. Yogyakarta : Andi Offset.

Jalmur, N. (2016). Media dan sumber pembelajaran. Kencana.

Setyantoko, M. (2017). Pengembangan media pembelajaran mobile learning berbasis android dalam pembelajaran atletik untuk siswa smp kelas vii. Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, 6(1).

Soulfitri, F. (2019). Perancangan data flow diagram untuk sistem informasi sekolah (studi kasus pada smp plus terpadu). Ready Star, 2(1), 240-246.

Sugiarto, H. (2018). Penerapan multimedia development life cycle pada aplikasi pengenalan abjad dan angka. IJCIT (Indonesian Journal on Computer and Information Technology), 3(1).

Sumiharsono, R., & Hasanah, H. (2017). Media pembelajaran: buku bacaan wajib dosen, guru dan calon pendidik. Pustaka Abadi.


Article Metrics

Abstract view : 547 times | PDF view : 111 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

    

Published by:

Jurusan Teknik Informatika dan Komputer,

Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar.

Alamat: Kampus UNM Parangtambung, Jl. Daeng Tata Raya, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia

Telpon: 082191045293

Email: irwansyahsuwahyu@unm.ac.id

website statistics View My Stats