Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik SMK Negeri 2 Makassar

M. Miftach Fakhri(1*), M. Al Ihlas(2), Irwansyah Suwahyu(3), Amri Rahman(4), Yuanita B(5), Sitti Muthmainnah(6),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(6) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengaruh problem based learning terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik, (2) mengetahui perbedaan keterampilan berpikir kritis peserta didik antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Metode penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi experimental. Sampel penelitian ini adalah peserta didik di kelas X TKJ 1 sebanyak 35 orang sebagai kelas eksperimen dan peserta didik di kelas X TKJ 2 sebanyak 34 orang sebagai kelas kontrol. Analisis statistik yang digunakan adalah uji regresi sederhana dan independent sample t test. Hasil analisis menunjukkan : (1) Hasil uji regresi sederhana yang menunjukkan nilai t-hitung lebih besar dibandingkan t-tabel dengan nilai sig lebih kecil daripada 0.05 yang berarti terdapat pengaruh model problema based learning terhadap keterampilan berpikir kritis,  (2) Hasil uji independent simple t test yang menunjukkan nilai t-hitung lebih besar dibandingkan t-tabel dengan nilai sig lebih kecil daripada 0.05 yang berarti keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas eksperimen memiliki perbedaan secara signifikan dengan peserta didik kelas kontrol.


Full Text:

PDF

References


E. Y. Wijaya, D. A. Sudjimat, and A. Nyoto, “Transformasi pendidikan abad 21 sebagai tuntutan pengembangan sumber daya manusia di era global,” in Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2016, vol. 1, 2016.

J. Afandi, T., and R. Afriani, “Implementasi Digital-Age Literacy dalam Pendidikan Abad 21 di Indonesia,” in Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains, 2016.

Amrizal, “Guru Profesional di Era Global, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat,” vol. 20 Nomor 77, 2014.

D. Ahmatika, “Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dengan Pendekatan Inquiry/Discovery,” J. Euclid, vol. 3, no. 1, p. 394, 2018.

P. Anindyta and Suwarjo, “Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Regulasi Diri Siswa Kelas V,” J. Prima Edukasia, vol. 2, no. 2, 2014.

T. Hidayah, “Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Pokok Bahasan Probabilitas Mata Kuliah Statistik Pada Perguruan Tinggi AMIK DCC Bandar Lampung,” J. Math. Educ. Sci. Techhnology, vol. 4, no. 2, pp. 197–208, 2019.

H. H. Herzon and D. H. Utomo, “Pengaruh Problem-Based Learning (PBL) terhadap Keterampilan Berpikir Kritis,” p. 5.

H. H. Herzon and D. H. Utomo, “Pengaruh Problem-Based Learning (PBL,” Terhadap Keterampilan Berpikir Krit., vol. 5, XXXX.

Fadhilatunisa, D., Fakhri, M. M., & Rosidah, R. (2020). PENGARUH BLENDED LEARNING TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA AKUNTANSI. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 18(2), 93-106.

D. Fadhilatunnisa and M. M. Fakhri, “THE EFFECTIVENESS OF THE BLENDED LEARNING MODEL ON THE STUDENTS’ CRITICAL THINKING SKILLS AND LEARNING MOTIVATION IN ACCOUNTING DEPARTMENT,” vol. 23, no. 2, p. 15, 2020.

Hasanah, H., Jamaluddin, J., & FAKHRI, M. M. (2020). EFEKTIVITAS MODEL BLENDED-LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN KERJASAMA MAHASISWA JURUSAN AKUNTANSI UIN ALAUDDIN MAKASSAR (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR).


Article Metrics

Abstract view : 81 times | PDF view : 14 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

    

Published by:

Jurusan Teknik Informatika dan Komputer,

Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar.

Alamat: Kampus UNM Parangtambung, Jl. Daeng Tata Raya, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia

Telpon: 082191045293

Email: irwansyahsuwahyu@unm.ac.id

website statistics View My Stats