Analisis Minat Siswa Dalam Penggunaan E-Commerce Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Siswa Sekolah Menengah Atas

Veronika Asri Tandirerung(1*), Abd. Rahman Patta(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat siswa dalam penggunaan e-commerce melalui penerapan model pembelajaran berbasis proyek siswa Sekolah Menengah Atas. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil Penelitian menunjukkan minat siswa dalam menggunakan e-commerce sangat tinggi.Selain itu, minat siswa dalam menggunakan social media dalam mengembangkan usaha berada pada kategori tinggi, dan minat siswa dalam memasarkan usaha melalui personal selling dan door to door berada pada kategori cukup.  Hasil belajar siswa melalui pembelajaran berbasis proyek menunjukkan hasil belajar dengan indikator penilaian hasil proyek, penilaian persentasi, penilaian psikomotorik dan penilaian afektif. Melalui pembelajaran berbasis proyek, siswa dapat merancang sebuah usaha yang dapat dikembangkan berbantuan e-commerce yang saat ini berkembang di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan siswa dalam merancang dan melakukan refleksi terhadap kelancaran sebuah usaha sudah sangat baik.

Full Text:

PDF

References


Nurhidayah, “Minat Lulusan SMA Untuk Melanjutkn Studi Ke Jenjang Perguruan Tinggi (Studi Kasus Di Kelurahan Merjosari Kecamatan Lowokwaru Kota Malang),” J. Akutansi Dan Investasi, vol. 6, no. 1, pp. 95–106, 2009.

A. T. Lopa, A. Arfandi, and J. R. E. Salim, “Analisis minat siswa setelah lulus Sekolah Menengah Kejuruan: Studi kasus SMK Negeri 2 Parepare,” Semin. Nas. LP2M UNM, pp. 456–459, 2019.

J. Inovasi and P. Kimia, “Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Keterampilan Metakognitif,” J. Inov. Pendidik. Kim., vol. 9, no. 2, pp. 1596–1606, 2016.

S. R. Dwi Ariani, I. Addiin, and T. Redjeki, “Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Pada Materi Pokok Larutan Asam Dan Basa Di Kelas Xi Ipa 1 Sma Negeri 2 Karanganyar Tahun Ajaran 2013/2014,” J. Pendidik. Kim. Univ. Sebel. Maret, vol. 3, no. 4, pp. 7–16, 2014.

Yalcin, S. A., Turgut, Ü., dan Büyükkasap, E., 2009, The Effect of Project Based Learning on Science Undergraduates’ Learning of Electricity, Attitude

Towards Physics and Scientific Process Skills, International Online Journal of Educational Sciences, Vol 1, Hal 1, Hal: 81-105.


Article Metrics

Abstract view : 176 times | PDF view : 23 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

    

Published by:

Jurusan Teknik Informatika dan Komputer,

Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar.

Alamat: Kampus UNM Parangtambung, Jl. Daeng Tata Raya, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia

Telpon: 082191045293

Email: irwansyahsuwahyu@unm.ac.id

website statistics View My Stats