Pengembangan Game Edukasi Tata Surya Menggunakan Construct 3 Berbasis Android

Mustari Lamada(1*), Mustamin Mustamin(2), Maulidina Maulidina(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Pengembangan Game Edukasi Tata Surya Menggunakan Construct 3 Berbasis Android. Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Kompter. Jurusan Teknik Informatika dan Komputer. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Makassar. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan game edukasi mengenai tata surya menggunakan tools Construct 3 dengan berbasis Android, serta mengetahui respon pendidik tentang aplikasi game edukasi Tata Surya. Jenis penelitian yang digunakan yakni Research & Development (R&D) serta menggunakan model pengembangan ADDIE dalam pembuatan game edukasi ini. Observasi langsung, wawancara, dan kuesioner untuk mengetahui kelayakan unsur-unsur kegunaannya adalah beberapa pendekatan lain yang digunakan. Subjek dari penelitian ini merupakan siswa kelas VI SDN Parang Tambung I. Pengujian menggunakan ISO 25010 dengan hasil pada aspek Fungsional suitability masuk pada kategori sangat baik, aspek performance efficiency menggunakan CloudBitbar didapatkan hasil dengan skala kualitas baik, yakni tidak mengalami kekurangan memory yang dapat menyebabkan memory leak, penggunaan CPU yang berada di bawah batas aman dari ketetapan Little Eye (mobile app analysis tools) sebesar 15%. Aspek compability dapat dijalankan pada versi android yang berbeda maka masuk pada kategori sangat baik dengan nilai sebesar 1. Aspek usability yang dilakukan oleh 20 siswa didapatkan persentase usability adalah 94.11%, yang masuk dalam kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa game edukasi tata surya yang telah dikembangkan dapat dikatakan sangat baik dan bersifat valid.


Full Text:

PDF

References


Anik Vitianingsih. 2016. Game Edukasi sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Surabaya: Prodi Teknik Informatika Universitas Dr. Soetomo.

Arifin, dan Zainal. 2016. Penelitian Pendidikan: Metode dan Paradigma Baru. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

David, A. B.2011. Mobile Application Testing (Best Practices to Ensure Quality).Amdocs, Hlm. 2.

Dewi, Anggia. 2015. “Implementasi Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Ekonomi di Sekolah.” Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol 3. No.2.

Kulsum, dan Robiah. 2016. Penggunaan Permainan Edukatif sebagai Media Efektif. Jakarta: Kemenag.

M. Ridoi, S.Si, . 2018. Cara Mudah Membuat Game Edukasi Dengan Construct2. Malang: SEAMOLEC.

Nielsen, Jakob. 2012. How many test users in a usability study. Diakses Agustus 20, 2020. https://www.nngroup.com/articles/howmany-test-users/ .

Panjianto, Tri. 2017. Media GAED (Game Edukasi) dalam pembelajaran (Implementasi Game Edukasi dalam pembelajaran anak). http://indonesiadigitallearning.com/content/artikel-medi a-gaed. Diakses pada 26 Juni 2021

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung :Alfabeta, CV.

Tegeh, I.M, I.N. Jampel, dan K. Pudjawan. 2014. Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta :Graha Ilmu.


Article Metrics

Abstract view : 516 times | PDF view : 105 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

    

Published by:

Jurusan Teknik Informatika dan Komputer,

Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar.

Alamat: Kampus UNM Parangtambung, Jl. Daeng Tata Raya, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia

Telpon: 082191045293

Email: irwansyahsuwahyu@unm.ac.id

website statistics View My Stats