Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Busana Industri pada Siswa SMK di Era Pandemi Covid-19

Nurhijrah Nurhijrah(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum adanya metode yang tepat untuk meningkatkan hasil belajar siswa selama pembelajaran di era pandemi covid-19. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar busana industri siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran project based learning dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional pada pembelajaran di era pandemi covid-19. Penelitian ini dilaksanakan di SMKS Garudaya Bontonompo. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMKS Garudaya Bontonompo Jurusan Tata Busana Kelas XI Tata Busana berjumlah 23 orang. Instrumen penelitian menggunakan tes hasil belajar busana industri. Teknik analisis data menggunakan uji t sampel independen dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar busana industri siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran project based learning mengalamai peningkatan dengan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional (Sig = 0,000 < 0,05).
  
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar busana industri siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran project based learning mengalamai peningkatan dengan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional (Sig = 0,000 < 0,05).

Full Text:

PDF

References


Anugrahana, A. “Hambatan, solusi dan harapan: pembelajaran daring selama masa pandemi covid-19 oleh guru sekolah dasar”. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, Vol. 10(3), pp. 282-289, 2020

Argaheni, N. B. “Sistematik review: Dampak perkuliahan daring saat pandemi COVID-19 terhadap mahasiswa Indonesia”. J.Placentum: Jurnal Ilmiah Kesehatan Dan Aplikasinya, Vol. 8(2), pp. 99-108, 2020

Bulqini A, Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Materi Penyajian Data Statistika Dalam Upaya meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SMP,” Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers, November 2019.

Fathurahman N, Inovasi pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19,” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, vol.3, pp. 615-627, November 2020.

Sadat, F.A. “Penggunaan Platform Google Classroom Dan Whatsapp Sebagai Media Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemic Covid 19”. J.Tsaqafatuna, Vol. 2(1), pp. 11-18, 2020

Setyaningrum, W, Yanuarita, H. A “Pengaruh covid-19 terhadap kesehatan mental masyarakat di Kota Malang”. J.Ilmu Sosial dan Pendidikan: Vol. 4(4), 2020

Yazid, S, Lie,L. “Dampak pandemi terhadap mobilitas manusia di Asia Tenggara”. J.Ilmiah Hubungan Internasional, pp. 75-83, 2020


Article Metrics

Abstract view : 230 times | PDF view : 77 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

    

Published by:

Jurusan Teknik Informatika dan Komputer,

Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar.

Alamat: Kampus UNM Parangtambung, Jl. Daeng Tata Raya, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia

Telpon: 082191045293

Email: irwansyahsuwahyu@unm.ac.id

website statistics View My Stats