Belajar Asik dengan Sistem Pembelajaran Interaktif IPA (Si Aktifa) Pada SMPN 5 Palu
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Tadulako
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Andriana, E., Ramadayanti, S., & Noviyanti, T. E. (2020). Pembelajaran IPA di SD Pada Masa COVID 19. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 3(1), 409–413.
Anitah, S. 2010. Media Pembelajaran. Surakarta: Yuma Pustaka.
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Azhari, L. M. Z., Yuliati, L., & Suharti. (2017). Penguasaan Konsep IPA Siswa Kelas V SD Pada Materi Rangka Tubuh. Prosiding Seminar Pendidikan IPA Pascasarjana UM, 2, 30-35.
Handarini, Oktafia, & Wulandari, S. (2020) Pembelajaran Daring sebagai Upaya Study From Home (SFH) selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 496–503.
Hapsari, S. A., & Pamungkas, H. (2019). Pemanfaatan Google Classroom sebagai Media Pembelajaran Online di Universitas Dian Nuswantoro. Wacana, 18(2), 225 – 233.
Henry, S. (2010). Cerdas dengan Game. Jakarta, Indonesia: PT Gramedia Pustaka Utama.
Kuncahyono. (2017). Analisis Penerapan Media Berbasis Komputer pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 5(2), 773–780.
Mahnun, N. (2018). Implementasi Pembelajaran Online dan Optimalisasi Pengelolaan Pembelajaran Berbasis Online di Perguruan Tinggi Islam dalam Mewujudkan World Class University. IJEM: Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan, 1(1), 29–36.
Meryansumayeka, M., & Aisyah, N. (2013). Pendesainan Pembelajaran Menggunakan Pendekatan Analisis Nilai pada Mata Kuliah Telaah Kurikulum. Jurnal Pendidikan Matematika, 7 (1), 1-10.
Musfiqon, H. M. (2012). Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta, Indonesia: Prestasi Pustakaraya.
Mulyatiningsih, E. 2010. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Yogyakarta: Alfabeta.
Purwanto. 2010. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Sa’adun, A. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Rosda
Iskandar, R. & Kusmayanti, I. (2018). Pendekatan Science Technology Society: IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2), 200-215
Isjoni. (2007). Cooperative learning. Bandung:Alfabeta
Rahmah, S., Yuliati, L., & Irawan, E. B. (2017). Penguasaan Konsep IPA Pada Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional PS2DMP ULM, 3(2), 35-40.
Ramadhani, S.P., & Zulela. (2020). Profesional Pedagogy Guru Terhadap Perubahan Pembelajaran di Era Digital. Jurnal Elementaria Edukasia, 3(1), 384-397.
SAUD Udin Syaefudin(2008). Inovasi Pendidikan. Bandung:Alfabeta
Sari, P. M., & Zulfadewina. (2020). Pelatihan Penyusunan Instrumen Keterampilan Proses Sains Berbantuan Media Kahoot. DIKEMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 4(2), 93–98.
Samatowa, U. (2011). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: Indeks.
Article Metrics
Abstract view : 201 times | PDF view : 30 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by:
Published by:
Jurusan Teknik Informatika dan Komputer,
Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar.
Alamat: Kampus UNM Parangtambung, Jl. Daeng Tata Raya, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Telpon: 082191045293
Email: irwansyahsuwahyu@unm.ac.id