Belajar Asik dengan Sistem Pembelajaran Interaktif IPA (Si Aktifa) Pada SMPN 5 Palu

Chairunnisa Ar Lamasitudju(1*), Miftah Miftah(2), Ninik Rahayu Ashadi(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Tadulako
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini memberikan sebuah gagasan dengan membangun sebuah sistem yang berbasis digital dimana sistem ini dapat digunakan pada saat daring maupun luring dengan begitu guru-guru juga dapat menyajikan materi tidak hanya secara teori tetapi juga dalam bentuk video pembelajaran, juga dalam bentuk animasi, serta dilengkapi dengan soal evaluasi secara interaktif sehingga siswa juga dapat dengan mudahnya mengerjakan soal dan mengetahui hasil belajar mereka, melalui penelitian ini juga dapat menumbuhkan rasa senang dan asik terhadap siswa dalam pembelajaran IPA sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu memberikan inovasi pembelajaran dengan belajar asik IPA dengan sistem pembelajaran interaktif yang dapat memberikan sebuah pengalaman baru dalam pembelajaran dikelas. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 5 Palu yang menggunakan jumlah responden sebanyak 65 orang siswa kelas VIII, dimana metode penelitian ini yaitu Waterfall. Pengambilan data responden dengan menggunakan penilaian angket. Dari hasil penelitian yang didapatkan, terciptanya sebuah prototype sistem pembelajaran Si Aktifa yang digunakan dalam pembelajaran IPA yang mengasikkan melalui hasil responden dengan index presentase sebesar 72% Setuju dengan adanya Si Aktifa siswa dapat belajar IPA dengan menyenangkan.

Full Text:

PDF

References


Andriana, E., Ramadayanti, S., & Noviyanti, T. E. (2020). Pembelajaran IPA di SD Pada Masa COVID 19. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 3(1), 409–413.

Anitah, S. 2010. Media Pembelajaran. Surakarta: Yuma Pustaka.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Azhari, L. M. Z., Yuliati, L., & Suharti. (2017). Penguasaan Konsep IPA Siswa Kelas V SD Pada Materi Rangka Tubuh. Prosiding Seminar Pendidikan IPA Pascasarjana UM, 2, 30-35.

Handarini, Oktafia, & Wulandari, S. (2020) Pembelajaran Daring sebagai Upaya Study From Home (SFH) selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 496–503.

Hapsari, S. A., & Pamungkas, H. (2019). Pemanfaatan Google Classroom sebagai Media Pembelajaran Online di Universitas Dian Nuswantoro. Wacana, 18(2), 225 – 233.

Henry, S. (2010). Cerdas dengan Game. Jakarta, Indonesia: PT Gramedia Pustaka Utama.

Kuncahyono. (2017). Analisis Penerapan Media Berbasis Komputer pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 5(2), 773–780.

Mahnun, N. (2018). Implementasi Pembelajaran Online dan Optimalisasi Pengelolaan Pembelajaran Berbasis Online di Perguruan Tinggi Islam dalam Mewujudkan World Class University. IJEM: Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan, 1(1), 29–36.

Meryansumayeka, M., & Aisyah, N. (2013). Pendesainan Pembelajaran Menggunakan Pendekatan Analisis Nilai pada Mata Kuliah Telaah Kurikulum. Jurnal Pendidikan Matematika, 7 (1), 1-10.

Musfiqon, H. M. (2012). Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta, Indonesia: Prestasi Pustakaraya.

Mulyatiningsih, E. 2010. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Yogyakarta: Alfabeta.

Purwanto. 2010. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Sa’adun, A. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Rosda

Iskandar, R. & Kusmayanti, I. (2018). Pendekatan Science Technology Society: IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2), 200-215

Isjoni. (2007). Cooperative learning. Bandung:Alfabeta

Rahmah, S., Yuliati, L., & Irawan, E. B. (2017). Penguasaan Konsep IPA Pada Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional PS2DMP ULM, 3(2), 35-40.

Ramadhani, S.P., & Zulela. (2020). Profesional Pedagogy Guru Terhadap Perubahan Pembelajaran di Era Digital. Jurnal Elementaria Edukasia, 3(1), 384-397.

SAUD Udin Syaefudin(2008). Inovasi Pendidikan. Bandung:Alfabeta

Sari, P. M., & Zulfadewina. (2020). Pelatihan Penyusunan Instrumen Keterampilan Proses Sains Berbantuan Media Kahoot. DIKEMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 4(2), 93–98.

Samatowa, U. (2011). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: Indeks.


Article Metrics

Abstract view : 201 times | PDF view : 30 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

    

Published by:

Jurusan Teknik Informatika dan Komputer,

Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar.

Alamat: Kampus UNM Parangtambung, Jl. Daeng Tata Raya, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia

Telpon: 082191045293

Email: irwansyahsuwahyu@unm.ac.id

website statistics View My Stats