Hubungan Konsep Diri, Kemandirian Belajar, Dan Ketersediaan Informasi Lowongan Kerja Di SMK Negeri 1 Sedayu Yogyakarta
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Yogyakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh konsep diri terhadap persepsi kesiapan kerja siswa di SMK Negeri 1 Sedayu, (2) pengaruh kemandirian belajar terhadap persepsi kesiapan kerja siswa di SMK Negeri 1 Sedayu, (3) ketersediaan informasi lowongan kerja terhadap persepsi kesiapan kerja siswa di SMK N 1 Sedayu, (4) pengaruh konsep diri, kemandirian belajar dan ketersediaan informasi lowongan kerja siswa di SMK Negeri 1 Sedayu. Penelitian ini merupakan penelitian Ex-post Facto. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan sampel random sampling yang berjumlah 123 siswa. Data diambil menggunakan metode angket. Validitas instrumen angket dilakukan dengan analisis butir menggunakan rumus korelasi Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Pengujian hipotesis dengan regresi sederhana dan analisis regresi ganda, yang sebelumnya dilakukan uji persyaratan analisis meliputi uji normalitas, linieritas dan multikolinieritas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara konsep diri terhadap persepsi kesiapan kerja siswa dengan korelasi 0,428, (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kemandirian belajar terhadap persepsi kesiapan kerja siswa dengan korelasi 0,303, (3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara ketersediaan informasi lowongan kerja terhadap persepsi kesiapan kerja siswa dengan korelasi 0,163, (4) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara konsep diri, kemandirian belajar dan ketersediaan informasi lowongan kerja terhadap persepsi kesiapan kerja siswa dengan korelasi 0,461.
Full Text:
PDFReferences
Depdiknas. (2018). Undang- Undang Sisdiknas Pasal 15 Nomor 20 Tahun 2003, tentangSekolah Menengah Kejuruan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Badan Pusat Statistik. (2019). Keadaan Ketenagakerjaan Agustus 2019. Jakarta: BPS
Slameto. 2018. Belajar & Fakto-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Zuyina Luk Lukaningsih. 2015. Pengembangan Kepribadian. Yogyakarta: Nuha Medika
Bimo Walgito. 2017. Hubungan Opini Publik, Persepsi, Sikap dan Perilaku.http//mercubuana.ac.id. Diakses 22 April 2021 jam 20.00.
Farida Salim Sungkar. 2017. Psikologi Perkembangan 1. Yogyakarta: BK Universitas PGRI
Stephani Sandra Nusantara. 2018. Jurnal Perempuan.http://cedaw-seasia.org. Diakses 23 April 2021 jam 19.00
Mohammad Ali, Mohammad Asrori. 2015. Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT Bumi Aksara
Martinis. 2017. Idikator Kemandirian.http://repository.ipb.ac.id. Diakses 20 April 2021 jam 11.00.
Jatu Kumoro. 2019. Pengaruh Informasi Pekerjaan dan Kreativitas terhadap Wawasan Berwirausaha Mahasiswa D3 Program Studi Teknik Elektro FT UNY. Skripsi: FT UNY.
Santrock. 2018. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga
Sugiyono. (2018). Statistika untuk Penelitian. Bandung: CV Alfabeta
Sukardi. 2017. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Riduwan. 2016. Pengantar Statistika Sosial. Bandung : Alfabeta
Duwi Priyatno. 2016. SPSS untuk Analisis Korelasi, Regresi, dan Multivariate. Yogyakarta: Gava Media.
Article Metrics
Abstract view : 171 times | PDF view : 33 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by:
Published by:
Jurusan Teknik Informatika dan Komputer,
Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar.
Alamat: Kampus UNM Parangtambung, Jl. Daeng Tata Raya, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Telpon: 082191045293
Email: irwansyahsuwahyu@unm.ac.id