Identifikasi Pemahaman Siswa Menggunakan Model Peta Konsep Mata Pelajaran Kelistrikan Otomotif Pada Kelas XI SMK Teknologi Somba Opu Kabupaten Gowa

Muh. Bhilal Halim(1*), Akmal Hidayat(2), M. Miftach Fakhri(3), Kurnia Prima Putra(4), Fadhilarahman Baso(5),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Identifikasi Pemahaman Siswa Dengan Menggunakan Evaluasi Model Peta Konsep Mata Pelajaran Kelistrikan Otomotif Pada Siswa Kelas XI SMK Teknologi Somba Opu Kabupaten Gowa. Skripsi. Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dalam bentuk deskriptif yang melibatkan variabel tunggal, yaitu pemahaman yang diidentifikasi dengan cara evaluasi model peta konsep. populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Teknologi Somba Opu Kabupaten Gowa pada tahun pelajaran 2010/2011 sebanyak 120 siswa yang tersebar pada 3 kelas. Sampel yang dipilih secara acak sebanyak 30 siswa. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui dua cara : Nilai siswa yang diperoleh melalui evaluasi multiple choice sebagai data pembanding dan nilai siswa yang diperoleh melalui evaluasi model peta konsep. Hasil penelitian ini dianalisis menggunakan deskriptif inferential, Selanjutnya data tersebut dideskriptifkan. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasannya dapat disimpulkan bahwa pemahaman kelistrikan otomotif siswa kelas XI SMK Teknologi Somba Opu  kabupaten gowa yang diidentifikasi  dengan evaluasi multiple choice oleh guru bidang studi berada pada kategori tinggi dengan persentase skor ≥ 43,33% sedangkan identifikasi pemahaman siswa oleh peneliti menggunakan evaluasi model peta konsep  berada pada kategori rendah dengan persentase skor ≤ 30,00% dengan siswa yang sama. Melihat hal tersebut maka dapat disimpulkan bahwa evaluasi model peta konsep lebih ideal digunakan dalam mengevaluasi pemahaman konsep siswa karena gambaran pemahaman siswa terlihat pada diagram pemetaan konsep.


Full Text:

PDF

References


Sahabuddin, Mengajar dan belajar. Makassar: FIP UNM, 2007.

R. Anderson, Membuat siswa berkonsentrasi. Jakarta: Indeks, 2008.

S. Bahri, Psikologi belajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2008.

Astutiamin, “Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kreativitas Siswa Melalui Peta Pikiran (online.” 2009. [Online]. Available: http://astutiamin.wordpress.com/2009/11/26/meningkatkan-hasil-belajar-dan-kreativitas-siswa-melalui-pembelajaran-berbasis-peta-pikiran-mind-mapping/

Sugiyono, Metode penelitian adimistrasi. Bandung: Alfabeta, 2003.

N. Sudjana, Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru, 2009.

N. Sudjana, “Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.Bandung: Remaja Rosdakarya.” 1989.

A. Tiro, Dasar-dasar statistika. Makassar: Andira Publisher, 2008.

A. Manan, Pengantar Statistika Terapan Untuk Pendidikan Kejuruan. Makassar: Badan Penerbit UNM, 2008.


Article Metrics

Abstract view : 191 times | PDF view : 37 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

    

Published by:

Jurusan Teknik Informatika dan Komputer,

Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar.

Alamat: Kampus UNM Parangtambung, Jl. Daeng Tata Raya, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia

Telpon: 082191045293

Email: irwansyahsuwahyu@unm.ac.id

website statistics View My Stats