Pengembangan Aplikasi E-Library Berbasis Android di Jurusan Teknik Informatika dan Komputer Universitas Neger Makassar

Nadiah Nadiah(1*), Hasrul Bakri(2), Sanatang Sanatang(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan perangkat lunak (software research and development) yang bertujuan untuk mengetahui : (1) hasil pengembangan aplikasi e-library berbasis android di Jurusan Teknik Informatika dan Komputer Universitas Negeri Makassar, (2) hasil pengujian aplikasi e-library berbasis android di Jurusan Teknik Informatika dan Komputer Universitas Negeri Makassar berdasarkan standar kualitas perangkat lunak ISO/IEC 25010. Penelitian ini menggunakan model pengembangan prototyping dengan tahapan pengumpulan kebutuhan, perancangan prototype, evaluasi prototype, pengkodean, pengujian, dan implementasi. Pengujian menggunakan lima karakteristik kualitas perangkat lunak ISO/IEC 25010 yaitu functional suitability, usability, portability , performance efficiency, dan compatibility. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode wawancara, angket, pengukuran dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menghasilkan aplikasi e-library yang digunakan dalam pengolahan perpustakaan berbasis android. Hasil pengujian menunjukkan hasil yang sangat baik berdasarkan 5 aspek karakteristik ISO 25010 yakni: functional suitability dengan kategori baik, usability dengan hasil pengujian pada kategori sangat layak, portability dengan hasil pengujian dapat berjalan dengan baik pada sembilan jenis android yang berbeda, performance efficiency dengan hasil pengujian baik, dan compatibility dengan hasil pengujian dapat berjalan dengan baik pada saat dijalankan bersamaan dengan aplikasi lain.


Full Text:

PDF

References


Aini, N., & Wicaksono, S. 2019. Pembangunan sistem informasi perpustakaan berbasis web menggunakan metode rapid application development (RAD) (Studi pada : SMK Negeri 11 Malang). Jurnal JTIIK, Vol. 3, No. 9, September 2019.

Aprizal, & Hasriani. 2015. Rancang bangun e-library berbasis android pada SMA Tutwuri Handayani Makassar. Jurnal Prosiding Seminar Ilmiah Sistem Informasi dan Teknologi Informasi, Vol. IV, No. 2, Juli 2015.

Ardimansyah. 2019. Aplikasi digital library berbasis android pada perpustakaan SMK Negeri 4 Makassar. Jurnal Prosiding Seminar Ilmiah Sistem Informasi dan Teknologi Informasi, Vol. VIII, No.1, Februari 2019.

Dahmurah, R. 2018. Aplikasi pelayanan perpustakaan berbasis mobile. Skripsi di Universitas Islam Indonesia.

Karmila. 2019. Pengembangan sistem informasi pelayanan dinas sosial pada Provinsi Sulawesi Barat berbasis web. Skripsi di Universitas Negeri Makassar.

Liana, L. 2015. Siklus hidup perangkat lunak swdlc ( Software development life cycle ). Universitas Mercu Buana.

Noer, Z. N., & Ngamali, K. 2017. Aplikasi perpustakaan SMK Siliwangi Ams Banjarsari berbasis android. Jurnal Manajemen, Vol.4. No.2, 41–50.

Nurfitriani. 2016. Pengembangan digital library berbasis web menggunakan slims pada MTs Al-Falah Arungkeke Kab. Jeneponto. Skripsi di Universitas Negeri Makassar

Pressman, R. S. 2002. Software engineering: a practitioner's approach. Yogyakarta: Andi.

Rizan, O., & Hamidah. Rancangan aplikasi monitoring kamera CCTV untuk perangkat mobile berbasis android. Jurnal STMIK Atma Luhur Pangkalpinang.

Richki Hardi, H. 2017. Pengembangan sistem informasi perpustakaan menggunakan kerangka pieces (studi kasus perpustakaan STITEK Bontang). Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan, Vol.1, No.3, Agustus 2015

Rachmaniah, M. 2018. Pengembangan perangkat lunak dan sistem informasi. Bogor: PT. Penerbit IPB Press.

Rahmadani, S. 2014. Teknologi informasi. Vol.5, No.2, 13–68.

Subroto, G. 2009. Perpustakaan digital. pustakawan perpustakaan UM, Vol.10, No.2, 1–11, Oktober 2009.


Article Metrics

Abstract view : 202 times | PDF view : 83 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

    

Published by:

Jurusan Teknik Informatika dan Komputer,

Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar.

Alamat: Kampus UNM Parangtambung, Jl. Daeng Tata Raya, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia

Telpon: 082191045293

Email: irwansyahsuwahyu@unm.ac.id

website statistics View My Stats