Sosialisasi Pemanfaatan Platform Digital dan GenAI Untuk Self-Directed Learning Bahasa Inggris Bagi Akademisi
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/inovasi.v5i1.72254
Abstract
Abstrak. Kemampuan berbahasa Inggris merupakan kompetensi fundamental bagi akademisi, namun banyak tantangan yang menghambat penguasannya. Pemanfaatan platform digital dan Generative AI (GenAI) bisa menjadi solusi pembelajaran self-directed learning bahasa Inggris bagi Akademisi. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memperkenalkan pemanfaatan platform digital dan teknologi Generative Artificial Intelligence (GenAI) dalam mendukung pembelajaran Bahasa Inggris secara mandiri, khususnya bagi kalangan akademisi. Dalam kegiatan ini, peserta dikenalkan dengan berbagai platform seperti Duolingo, Magoosh, ChatGPT (voice mode), serta beberapa situs penyedia tes simulasi Bahasa Inggris daring lainnya. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman peserta terhadap penggunaan teknologi pembelajaran Bahasa Inggris, serta motivasi yang tinggi untuk melanjutkan pembelajaran secara mandiri. Sosialisasi ini diharapkan dapat menjadi langkah awal untuk meningkatkan literasi digital dan kemampuan bahasa asing akademisi di era transformasi digital.
Kata Kunci: Platform Digital, GenAI, Bahasa Inggris, Self-Directed Learning, Akademisi
Full Text:
PDFReferences
Dwivedi, Y. K., Hughes, L., Ismagilova, E., Aarts, G., Coombs, C., Crick, T., Duan, Y., Dwivedi, R., Edwards, J., & Eirug, A. (2021). Artificial Intelligence (AI): Multidisciplinary Perspectives on Emerging Challenges, Opportunities, and Agenda for Research, Practice and Policy. International Journal of Information Management, 57, 101994. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2019.08.002
Garrison, D. R. (1997). Self-directed learning: Toward a comprehensive model. Adult Education Quarterly, 48(1), 18–33. https://doi.org/https://doi.org/10.1177/07417136970480
Godwin-Jones, R. (2018). Using Mobile Technology to Develop Language Skills and Cultural Understanding. Language Learning & Technology, 22(3), 3–17.
Jain, T., Maitra, P., & Mani, S. (2019). Barriers to Skill Acquisition: Evidence from English training in India. World Development, 114, 314–325. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.worlddev.2018.10.011
Khaerati, K. (2021). Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Bahasa Inggris Mahasiswa STKIP Pembangunan Indonesia. Cross-Border, 4(1), 358–367.
Loewen, S., Isbell, D. R., & Sporn, Z. (2020). The Effectiveness of App‐based Language Instruction for Developing Receptive Linguistic Knowledge and Oral Communicative Ability. Foreign Language Annals, 53(2), 209–233. https://doi.org/https://doi.org/10.1111/flan.12454
Richards, J. C. (2015). Key Issues in Language Teaching. Cambridge University Press.
Susanthi, I. G. A. A. D. (2020). Kendala dalam Belajar Bahasa Inggris dan Cara Mengatasinya. Linguistic Community Services Journal, 1(2), 64–70.
Unal, M., & Ilhan, E. (2017). A Case Study on the Problems and Suggestions in Foreign Language Teaching and Learning at Higher Education. Journal of Education and Training Studies, 5(6), 64–72. https://doi.org/https://doi.org/10.11114/jets.v5i6.2302
Vesselinov, R., & Grego, J. (2012). Duolingo Effectiveness Study. City University of New York, USA, 28(1–25).
Article Metrics
Abstract view : 69 times | PDF view : 2 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.