Pelatihan Peningkatan Kapasitas Dosen Pembimbing Akademik
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/inovasi.v4i2.68773
Abstract
Abstrak. Pelatihan Peningkatan Kapasitas Dosen Pembimbing Akademik (PA) di Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar bertujuan untuk memperkuat peran dosen dalam mendukung keberhasilan akademik dan non-akademik mahasiswa. Pelatihan yang dilaksanakan pada 20 Oktober 2024 di Hotel Remcy, Makassar, dihadiri oleh sekitar 50 dosen dan menggunakan metode workshop, diskusi, dan simulasi, dengan fokus pada pengembangan keterampilan komunikasi, dukungan psikologis awal, dan praktik self-care untuk mencegah burnout. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa peserta mampu mengenali permasalahan mahasiswa dan memberikan dukungan psikologis yang diperlukan, serta menunjukkan antusiasme dalam menerapkan pendekatan 3L (Look, Listen, Link) dalam studi kasus. Diharapkan pelatihan ini dapat meningkatkan kompetensi dosen PA dalam memberikan layanan bimbingan akademik yang holistik, mencakup aspek akademik, emosional, dan sosial mahasiswa, sehingga peran dosen PA dapat dimaksimalkan untuk mendukung keberhasilan mahasiswa dalam menghadapi tantangan di dunia pendidikan tinggi saat ini.
Kata Kunci: Dosen Pembimbing Akademik, Self Care, Keterampilan Komunikasi.
Full Text:
PDFReferences
Brownell, J. (2012). Listening: Attitudes, Principles, and Skills. Pearson Higher Education.
Briere, J. (2015). Inventaris Gejala Trauma-2 . Layanan Psikologi Barat.
Corey, G. (2013). Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy. Cengage Learning.
Ilyas, I. (2008). Peran Ideal Dosen Pembimbing Akademik Dan Prestasi Belajar Mahasiswa. Educare, 6(1). Retrieved from https://jurnal.fkip.unla.ac.id
Maslach, C., & Leiter, MP (2016). Memahami Pengalaman Burnout: Penelitian Terbaru dan Implikasinya terhadap Psikiatri . World Psychiatry , 15(2), 103-111.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia. (1999). Pendidikan tinggi. Jakarta: Depdikbud Ditjen Dikti.
Schumann, D. (2011). A Guide to Psychological First Aid. International Federation of Red Cross and Red Crescent Societies.
Silitonga, D. T. (2008). Fungsi Dosen Pembimbing Akademik Dalam Peningkatan Prestasi Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Tinggi Indonesia. Available at [Universitas Indonesia Repository] (hypothetical representation for formatting, URL needs verification).
Smith, J., & Brown, R. (2022). Barriers To Effective Student-Faculty Communication: An Exploratory Study In Higher Education. Journal of Academic Interaction, 35(2), 145-160. https://doi.org/example
WHO. (2011). Psychological First Aid: Guide for Field Workers. World Health Organization
Wu, Y., Xu, L., & Philbin, S. P. (2023). Evaluating The Role Of Communication Skills Of Engineering Students On Employability According To The Outcome-Based Education (OBE) Theory. Sustainability, 15(12), 9711. https://doi.org/10.3390/su15129711
Article Metrics
Abstract view : 60 times | PDF view : 9 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.