Implementasi Pendekatan Pembelajaran Saintifik pada Kurikulum Merdeka di SMK Negeri 3 Makassar
(1) Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar
(2) Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar
(3) Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan, Universitas Negeri Makassar
(4) Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar
(5) Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/inovasi.v4i2.68617
Abstract
Abstrak. SMK Negeri 3 Gowa merupakan salah satu sekolah kejuruan di kabupaten Gowa Sulawesi Selatan yang senantiasa berupaya meningkatkan tenaga guru yang kompeten sesuai bidang keahlian yang dibutuhkan khususnya memperkuat kompetensi guru dalam melakukan pembelajaran. SMK Negeri 3 Gowa saat ini telah menerapkan kurikulum merdeka, namun masih terdapat beberapa guru yang kesulitan dalam memilih dan menerapkan pendekatan pembelajaran yang sesuai. Pendekatan pembelajran yang dapat digunakan dalam pembelajaran dalam kurikulum merdeka adalah pendekatan saintifik. Pendekatan saintifik adalah pendekatan berbasis proses keilmuan yang melibatkan proses ilmiah yang tidak hanya berfokus pada peningkatan pengetahuan siswa, tetapi juga pada pengembangan keterampilan berpikir, kemampuan berpikir kritis, dan sikap ilmiah dari siswa. Sebanyak 40 guru di SMK Negeri 3 Gowa diberikan pelatihan dalam mengimplementasikan pendekatan saintifik dalam pembelejaran. Pembelajaran saintifik diterapkan melalui beberapa tahapan yaitu kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan data atau informasi, mengasosiasi, dan mengomunikasikan. Penerapan pendekatan saintifik pada kegiatan pembelajaran dilakuakn agar terjadi keseimbangan dalam ranah afektif yaknik pengembangan sikap, ranah psikomotroik yaknik peningkatan skill atau keterampilan, dan tentu saja terkait ranah kognitif yaknik peningkatan pengetahuan peserta didik. Setelah pelatihan Berdasarkan pengamatan, terdapat 85% peserta pelatihan dalam hal ini guru SMK Negeri 3 Gowa sudah dapat menyusun dan mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis saintifik. Kegiatan pelatihan ini dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru-guru khususnya di sekolah kejuruan dalam membuat dan menyusun perangkat pembelajaran berbasis saintifik sesuai dengan kurikulum merdeka.
Kata Kunci: Pendekatan Saintifik, Kurikulum Merdeka
Full Text:
PDFReferences
Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.
Hosnan, (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor, Ghalia Indonesia
Kemendukbud. (2013). Jurnal Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah
Musfiqon, H. M. & Nurdyansah. (2015). Pendekatan Pembelajaran Saintifik. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.
Rhosalia, L. A. (2017). Pendekatan Saintifik (Scientific Approach) dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Kurikulm 2013 versi 2016. JTIEE, 1(1): 59 – 77.
Article Metrics
Abstract view : 64 times | PDF view : 12 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.