Impelementasi Materi Kebinekaan bagi Guru PPKN dan IPS SMP di Kabupaten Barru

Firman Umar(1*), A. Aco Agus(2), Muhammad Amin(3), Hadyan Hasfi(4), Ashari Ismail(5),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/inovasi.v4i2.67877

Abstract


Abstrak. Mitra Program Kemitraan Komunitas ini adalah Musyawarah Guru Mata Pelajaran PPKn dan IPS SMP di Kabupaten Barru. Masalah yang dihadapi mitra pengabdian masyarakat ini adalah masih kurangnya pemahaman guru dalam mengintegrasikan nilai-nilai kebinekaan pada mata pelajaran PPKn dan IPS. Metode kegiatan pengabdian dilakukan dengan cara diskusi tentang kebinekaan dan simulasi metode pembelajaran MARKA (Mulai dari diri, Aktivitas, Reflkesi, Konsep, Aplikasi). Hasil yang dicapai yakni peningkatan wawasan mitra tentang nilai kebinekaan dan keterampilan guru menerapkan metode pembelajaran MARKA untuk mengajarkan nilai kebinekaan.

 

Kata kunci: Nilai Kebhinekaan, Metode Pembelajaran MARKA

Full Text:

PDF

References


Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama. 2017. Panduan Penilaian Oleh Pendidik Dan Satuan Pendidikan Untuk Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Istianah, Anif, Cecep Darmawan, Dadang Sundawa, and Susan Fitriasari. 2024. “Peran Pendidikan Kebinekaan Dalam Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Menciptakan Lingkungan Sekolah Yang Damai.” Jurnal Moral Kemasyarakatan 9(1):15–29. doi: 10.21067/jmk.v9i1.10192.

Kemendikbudristek. 2022. “Dimensi, Elemen, Dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila Pada Kurikulum Merdeka.” 1–37.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. n.d. “Panduan Pembelajaran Nilai-Nilai Kebinekaan.”

Ma, X., Chen, J., and Y. Chen. 2021. “He Influence of Teachers’ Global Diversity Awareness on Students’ Attitudes and Behaviors Toward Cultural Differences.” Journal of Teacher Education 72(1):5–19.

Macdonald, Laura, Melissa Hawkins, and Marianne Jacquet. 2019. “Exploring Teachers’ Global Citizenship and Its Influence on Quality Education in Canada.” International Studies in Sociology of Education.

Nur Wijayanti, Deni, and Achmad Muthali’in. 2023. “Penguatan Dimensi Berkebinekaan Global Profil Pelajar Pancasila Melalui Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan.” Educatio 18(1):172–84. doi: 10.29408/edc.v18i1.12518.

Sidhu, Sarjit Kaur, and Daisy L. Sun. 2014. “Global Diversity Awareness and Inclusive Teaching.” The Journal of Educational Research & Policy Studies.


Article Metrics

Abstract view : 33 times | PDF view : 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.