Guru sebagai Front Liner: Menghadapi Tantangan dan Permasalahan Siswa di Era Modern

Risma Niswaty(1*), Muh. Darwis(2), Novayanti Sopia Rukmana(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/inovasi.v4i2.67873

Abstract


Abstrak. Dalam era modern yang penuh dengan tantangan dan perubahan, guru tidak hanya berperan sebagai pengajar, tetapi juga sebagai front liner yang menghadapi berbagai permasalahan siswa. Artikel ini membahas tentang peran guru dalam menghadapi tantangan dan permasalahan siswa, termasuk masalah akademik, sosial, dan emosional. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan studi kasus, artikel ini menyoroti bagaimana guru dapat mengembangkan strategi yang efektif untuk mendukung perkembangan siswa dan mengatasi berbagai masalah yang dihadapi. Selain itu, artikel ini juga membahas tentang pentingnya pelatihan dan dukungan profesional bagi guru dalam menghadapi tantangan modern. Dengan demikian, artikel ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang peran guru sebagai front liner dan memberikan kontribusi pada pengembangan sistem pendidikan yang lebih inklusif dan efektif.

 

Kata kunci: Guru, Front Liner, Tantangan Siswa, Permasalahan Siswa, Era Modern

Full Text:

PDF

References


Aprilia, D. (2020). Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Mengatasi Siswa Korban Bullying. Educatio: Jurnal Pendidikan, 6(2), 165-174.

Arifin, Z. (2018). Evaluasi Pembelajaran. Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.

Batubara, J. R. L. (2016). Adolescent Development (Perkembangan Remaja). Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.

Gunarsa, S. D., & Gunarsa, Y. S. D. (2012). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. PT BPK Gunung Mulia.

Latief, M.A. (2021). Research Methods on Language Learning: An Introduction. UM Press.

Listyandini, R. A., & Nurwianti, F. (2017). Dinamika Psikologis Korban Bullying. Erlangga.

Majid, A. (2014). Strategi Pembelajaran. Remaja Rosdakarya.

Mugiarso, H. (2016). Bimbingan dan Konseling. Penerbit Andi.

Mulyatiningsih, E. (2019). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Alfabeta.

Pratama, A. (2019). Pelatihan Guru BK untuk Meningkatkan Keterampilan dalam Penanganan Siswa Pelaku Bullying. JKI (Jurnal Konseling Indonesia), 4(2), 65-70.

Prayitno. (2017). Konseling Profesional Yang Berhasil: Layanan dan Kegiatan Pendukung. Rajawali Pers.

Raco, J.R. (2018). Metode Penelitian Kualitatif: Jenis, Karakteristik dan Keunggulannya. Grasindo.

Rusman. (2018). Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana.

Safaria, T. & Saputra, N. E. (2016). Manajemen Emosi: Sebuah Panduan Cerdas Bagaimana Mengelola Emosi Positif dalam Hidup Anda. Bumi Aksara.

Sanjaya, W. (2021). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Manajemen. Alfabeta.

Sukmadinata, N.S. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Rosda.

Yusuf, S. & Nurihsan, J. (2012). Teori Kepribadian. Remaja Rosdakarya.

Zed, M. (2018). Metode Penelitian Kepustakaan. Yayasan Obor Indonesia.


Article Metrics

Abstract view : 41 times | PDF view : 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.