PKM Praktik Baik Instrumen Audit Mutu Internal dalam Persiapan Akreditasi di Sekolah Menengah Atas

Irmawati Irmawati(1*), Muhammad Ardiansyah(2), Faridah Faridah(3), Nurhijrah Nurhijrah(4), Ahmad Restani Syukron(5),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/inovasi.v4i1.62324

Abstract


Abstrak. PKM ini tentang sosialisasi instrumen Audit Mutu Internal dalam persiapan akreditasi Sekolah Menengah Atas yang dilaksanakan di kabupaten majene,  yang bertujun untuk meningkatkan pemahaman mitra tentang pentingnya penerapan audit mutu internal dengan memahami poin-poin penilaian dalam menghadapi akreditasi sekolah Solusi yang ditawarkan yakni pemberian materi tentang Sistem Penjaminan Mutu Internal, Instrumen Audit Mutu Internal dan praktik evaluasi Diri Sekolah melalui pengisian instrumen AMI. Metode yang dilakukan adalah tahap persiapan terdiri koordinasi dengan mitra (Tenaga pendidik dan kependidikan di Kabupaten Majene), mengidentifikasi jumlah peserta yang akan mengikuti kegiatan, persiapan materi untuk kegiatan pelatihan dan pendampingan, Koordinasi jadwal pelaksanaan pelatihan, persiapan pelaksanaan workshop seperti materi pelatihan, bahan presentasi, daftar hadir, lembar kerja, dan dokumetasi. Tahap Pelaksanaan program dilakukan dengan metode ceramah, diskusi dan praktik. Tahap Evaluasi selama proses pelatihan terdiri: pengisian instrumen audit mutu internal, setelah itu umpan balik dengan cara presentasi hasil pengisian instrumen. Pemberian tugas kepada mitra untuk mengevaluasi kembali hasil pengisian instrumen AMI, kemudian tindaklanjut disampaikan dalam forum rapat sekolah dan melaporkan kepada tim pengabdi terkait hasil tindaklanjut. Target yang di harapkan mitra memiliki kemampuan mengelola SPMI melalui penerapan Audit Mutu Internal yang dilaksanakan secara berkelanjutan. Masalah mitra yaitu masih minimnya pengetahuan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan tentang penerapan Audit Mutu Internal di sekolah.

 

Kata kunci:  Audit Mutu Internal


Full Text:

PDF

References


Hendrowati, T. Y. (2016). Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Sekolah pada SMPN 25 Bandar Lampung. Jurnal E-DuMath, 2(3). Diambil dari https://ejournal.stkipmpringsewu lpg.ac.id/index.php/edumath/article/download/189/132 - Search (bing.com)

Jamaluddin, J., & Sopiah, S. (2018). Desain Sekolah Model: Studi Penjaminan Mutu Pendidikan. IJER (Indonesian Journal of Educational Research), 2(2), 99. https://doi.org/10.30631/ijer.v2i2.47

Hermanto dkk. (2019). Model Penjaminan Mutu Sekolah melalui POS implementasi 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP): Instrumen Audit Mutu. Semarang: Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Jawa Tengah;

Keputusan Mendikbud (2020). Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 1005/P/2020 Tentang Kriteria dan Perangkat Akreditasi Pendidikan Dasar dan Menengah

Keputusan Mendikbud (2020). Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 1005/P/2020 Tentang Kriteria dan Perangkat Akreditasi Pendidikan Dasar dan Menengah.

Undang-Undang Nomer 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional


Article Metrics

Abstract view : 142 times | PDF view : 14 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.