Layanan Self Care untuk Meningkatkan Kesehatan Mental Guru BK

Purwaka Hadi(1*), Abdullah Sinring(2), Farida Aryani(3), Suciani Latif(4), Sinta Nurul Oktaviana Kasim(5),

(1) Program Studi Bimbingan dan Konseling, Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
(2) Program Studi Bimbingan dan Konseling, Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
(3) Program Studi Bimbingan dan Konseling, Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
(4) Jurusan Psikologi Pendidikan & Bimbingan, Universitas Negeri Makassar
(5) Jurusan Psikologi Pendidikan & Bimbingan, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/inovasi.v2i1.34130

Abstract


Abstrak. Mitra Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini Musyawarah Guru Bimbingan dan Konseling (MGBK) SMK Polewali Mandar. Masalahnya adalah Guru BK di Kabupaten Polewali Mandar mengalami (1) kendala dalam penyesuaian diri terhadap perubahan jadwal belajar dari rumah menjadi pembelajaran tatap muka terbatas (2) kurang memiliki keterampilan dan metode dalam menolong diri sendiri (3) sering mengalami kelelahan fisik dan mental dalam melayani siswa. Sasaran pengabdian ini adalah (1) meningkatkan kemampuan penyesuaian diri dalam situasi sulit pada guru BK (2) Meningkatkan keterampilan guru BK dalam menolong diri sendiri melalui metode Self Care (3) mengatasi kelelahan fisik dan mental yang dirasakan oleh guru BK dan meningkatkan kebahagiaan. Metode yang digunakan adalah workshop, diskusi, metode bermain, dan curah pendapat. Hasil yang dicapai adalah (1) mitra mampu menyesuaikan diri dengan baik dalam keadaan sulit (2) mitra mampu menolong diri sendiri melalui self-care (3) mitra mampu merasa Bahagia, mencintai dirinya, dan profesinya.

 

Kata Kunci: Self Care; Bahagia; Permainan; Guru BK; Kesehatan Mental.


Full Text:

PDF

References


Adriyansyah, M., & Rahayu, D. (2018). The Influence of Hug Therapy on Children’s Emotional Intelligence Improvement. 1st International Conference on Education Innovation (ICEI 2017), 234–237.

Artigas, L., & Jarero, I. (2014). The butterfly hug. Implementing EMDR Early Mental Health Interventions for Man-Made and Natural Disasters, 127–130.

Chinlumprasert, N. (2021). The effective outcomes of EMDR on Tsunami survivors: case studies of Khao Lak, Phang-nga, Thailand.

Dewi, H. P. (2021). Prevensi Burnout pada Pekerja Sosial Lansia di Balai Pelayanan Sosial Tresna Werdha Yogyakarta Unit Abiyoso. Jurnal Penelitian Kesejahteraan Sosial, 20(3), 193–204.

Fathonah, S., & Renhoran, C. R. (2021). Gambaran Tingkat Stress Guru Madrasah Aliyah Di Jakarta Selatan Selama Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 57–71.

Girianto, P. W. R., Widayati, D., & Agusti, S. S. (2021). Butterfly Hug to Reduce Anxiety on Elderly. Jurnal Ners Dan Kebidanan (Journal of Ners and Midwifery), 8(3), 295–300.

Hanurawan, F. (2012). Strategi pengembangan kesehatan mental di lingkungan sekolah. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 14(2), 93.

Hurlock, E. B. (2010). Psikologi perkembangan: Suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan (alih bahasa Istiwidayanti, dkk). Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga.

Jarero, I., & Artigas, L. (2016). Instruction for the Butterfly Hug Method.

Mayasari, E. D., Evanjeli, L. A., Anggadewi, B. E. T., & Purnomo, P. (2022). KESEHATAN MENTAL GURU SEKOLAH DASAR SELAMA MENGAJAR DARING. Journal of Psychological Science and Profession, 6(1), 33–41.

Nafi’udin, M. (2017). Mengembalikan kebahagiaan anak melalui promosi permainan tradisional: penelitian tindakan pada anak-anak di komunitas kelurahan ramah perempuan dan anak Candirenggo Singosari Malang. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Nelma, H. (2019). Gambaran burnout pada profesional kesehatan mental. JURNAL PSIKOLOGI PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN SDM, 8(1), 12–27.

Nihayati, C. W., & Agustriasih, N. (2021). PENGGUNAAN PERMAINAN UNTUK MENINGKATKAN SEMANGAT DAN MINAT DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SEKOLAH. Semnasbama, 5, 423–438.

Nina, N., & Pranajaya, S. A. (2020). KONSEP SELF-CARE BAGI KONSELOR DI MASA PANDEMI. TAUJIHAT: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 1(1).

Nurmayanti, L., & Margono, H. M. (2017). Burnout pada dokter. Journal Unair, 32–42.

Purwanto, A., Asbari, M., Fahlevi, M., Mufid, A., Agistiawati, E., Cahyono, Y., & Suryani, P. (2020). Impact of work from home (WFH) on Indonesian teachers performance during the Covid-19 pandemic: An exploratory study. International Journal of Advanced Science and Technology, 29(5), 6235–6244.

Rahman, U. (2007). Mengenal burnout pada guru. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 10(2), 216–227.

Rini, P. (2021). HUBUNGAN ANTARA RELIGIUSITAS DAN KEKUATAN KARAKTER DENGAN KEBAHAGIAAN PADA MAHASISWA. UIN Raden Intan Lampung.

Ristian, T., Wahyuni, E., & Komalasari, G. (2021). Gambaran professional quality of life guru bimbingan dan konseling. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 9(1), 102–110.

Rosidah, A. (2013). Pengaruh Keadilan Organisasi Dengan Mediasi Strategi Koping Terhadap Burnout Pada Pekerja Sosial Dinas Sosial. Prosiding PESAT, 5.

Rozali, Y. A., Sitasari, N. W., & Lenggogeni, A. (2021). Meningkatkan Kesehatan Mental Di Masa Pandemic. Jurnal Pengabdian Masyarakat AbdiMas, 7(2), 109–113.

Ruhiyat, R. N. (2021). EFEKTIVITAS BIMBINGAN PRIBADI DENGAN TEKNIK PERMAINAN ULAR TANGGA UNTUK MENGEMBANGKAN KEBAHAGIAAN (Penelitian Kuasi Eksperimen di SMP Negeri 1 Kalipucang Tahun Ajaran 2020/2021). Universitas Pendidikan Indonesia.

Setyowati, A., Suardiman, S. P., & Fauziah, M. (2019). Keefektifan Program Adventure Based Counseling untuk Meningkatkan Kebahagiaan Mahasiswa. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 4(2), 69–74.

Shanafelt, T. D., Boone, S., Tan, L., Dyrbye, L. N., Sotile, W., Satele, D., West, C. P., Sloan, J., & Oreskovich, M. R. (2012). Burnout and satisfaction with work-life balance among US physicians relative to the general US population. Archives of Internal Medicine, 172(18), 1377–1385.

Suryani, L., Tute, K. J., Nduru, M. P., & Pendy, A. (2022). Analisis Implementasi Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di Masa New Normal. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2234–2244.

Yandri, H., & Juliawati, D. (2017). Burnout pada guru BK/Konselor sekolah. Konselor, 6(2), 61–65.


Article Metrics

Abstract view : 793 times | PDF view : 116 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.