Edukasi Mitigasi Bencana pada Anak Usia Dini

Haerani Nur(1*), Muh. Nur Vicky(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/inovasi.v2i1.33589

Abstract


Abstrak. Indonesia adalah salah satu Negara yang rawan bencana. Dalam setahun berbagai bencana melanda negeri yang kedatangannya sering mengejutkan, masyarakat umumnya tidak siap meskipun situasinya tidak asing. Ketidaksiapan ini umumnya menimbulkan banyak korban, termasuk dari kalangan anak-anak. Berdasarkan hal ini, disimpulkan bahwa memberikan edukasi mitigasi bencana perlu dilakukan untuk meningkatkan kesiapan masyarakat menghadapi bencana, yang pada akhirnya akan meminimalkan jumlah korban, khususnya pada anak usia dini. Edukasi mitigasi bencana ini merupakan kegiatan kontribusi sosial yang diinisiasi oleh mahasiswa dalam program pertukaran mahasiswa merdeka bersama dosen Modul Nusantara, menggunakan metode bernyanyi dan bercerita untuk memberi pengetahuan kepada anak usia dini di Desa Bonto Bulaeng, Kecamatan Bulukumpa, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan tentang bencana alam yang mungkin terjadi dan apa yang harus dilakukan saat menghadapi bencana itu. Melalui kegiatan kontribusi sosial ini, mahasiswa memiliki pengalaman mengidentifikasi permasalahan dan merumuskan solusi. Anak usia dini yang mengikuti kegiatan ini pun terlihat dapat menceritakan tentang bencana alam yang mungkin terjadi di daerahnya dan juga apa saja yang harus dilakukan saat bencana terjadi.

 

Kata Kunci: mitigasi bencana, anak usia dini, bernyanyi, bercerita.


Full Text:

PDF

References


Dewi, R. S. (2019). Mitigasi Bencana Pada Anak Usia Dini. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 3(1), 68-77.

Hayudityas, B. (2020). Pentingnya penerapan pendidikan mitigasi bencana di Sekolah untuk mengetahui kesiapsiagaan peserta didik. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 94-102.

Indriasari, F. N. (2018). Pengaruh pemberian metode simulasi siaga bencana gempa bumi terhadap kesiapsiagaan anak di Yogyakarta. Jurnal Keperawatan Soedirman, 11(3), 199-206.

Irawan, I., Subiakto, Y., & Kustiawan, B. (2022). Manajemen Mitigasi Bencana Pada Pendidikan Anak Usia Dini untuk Mengurangi Risiko Bencana Gempa Bumi. PENDIPA Journal of Science Education, 6(2), 609-615.

Muhari, A. (2021). Catatan Refleksi Akhir Tahun Penanggunalangan Bencana 2021. Pnbp.go.id. (diakses tanggal 21 Mei 2022).

Mulyati, M. (2019). Menciptakan pembelajaran menyenangkan dalam menumbuhkan peminatan anak usia dini terhadap pelajaran. Jurnal of Islamic Education, STAI Al-Hikmah Jakarta, 1(2), 2686-0767.

Ningtyas, D. P., & Risina, D. F. (2018). Peningkatan self awareness anak usia dini melalui media video mitigasi bencana gunung meletus. Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 4(2), 113-124.

Putri, A. A. A. D. (2019). Penerapan Metode Bercerita Menggunakan Media Audio-Visual untuk Meningkatkan Pemahaman Anak Usia Dini Mengenai Bencana Alam. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 7(3), 246-250.

Solfiah, Y., Risma, D., Hukmi, H., & Kurnia, R. (2020). Pengaruh Buku Cerita Bergambar terhadap Pengetahuan Manajemen Bencana Anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 783-794.

Zaini, H., & Dewi, K. (2017). Pentingnya media pembelajaran untuk anak usia dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 81-96.


Article Metrics

Abstract view : 2206 times | PDF view : 227 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.