PKM Pelatihan PTK Bagi Guru SLB Negeri Jennetallasa

Mustafa Mustafa(1*), Zulfitrah Zulfitrah(2), Mufa’adi Mufa’adi(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/inovasi.v1i2.25920

Abstract


Abstrak. Layanan pada Sekolah Luar Biasa akan mengangkat tentang 3 hal utama yakni, kemampuan, kebutuhan dan kelemahan siswa. Hal ini memunculkan permasalahn yang khas sesuai dengan karakteristik dan kekhususan siswa yang diampu.penggunaan metode, media dan beberapa pilihan pengajaran dengan berbadai adaptasdi. Mitra Program Kemitraan Komunitas (PKM) ini adalah SLB Negeri Jenne’tallasa Gowa. Masalahnya adalah: (1) Pemahaman tentang Penelitian Tindakan Kelas (PTK), (2) kurang mampu mengidentifikasi rumusan masalah pada kelas yang diampu dan memahami siklus PTK serta pemahaman guru dalam menulis penelitian berdasarkan sistematika penulisan yang benar. Hasil yang dicapai adalah Pemahaman secara konseptual dan komprehensif tentang Penelitian Tindakan kelas dan siklus PTK. Melihat hasil pre-tes dan post-tes kemudian dibandingkan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan pemahaman guru-guru tentang penelitian Tindakan Kelas.

Kata Kunci : PTK, Guru, SLB


Full Text:

PDF

References


Angraeni, R. (2014) ‘Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas Guru SD Negeri Widoro Lempuyangan Yogyakarta’, UNY, pp. 1–105.

Danoebroto, S. W. (2012) ‘10 Pertanyaan Mengenai Penelitian Tindakan Kelas’, pp. 1–8.

Stringer, E. (2008) Action Research in Education. 2nd edn, pearson education.

Mertler, C. A. (2014) Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Indeks.z

nd edn. New Jersey

Mertler, C. A. (2014) Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Indeks.

LP2M UNM. (2021) Panduan PNBP Penlitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Tidak Dipublikasikan.

Zhou, J. (2012) ‘Problems Teachers Face When Doing Action Research and

Finding Possible Solutions Doing Action Research and Three Cases’,

(March). doi: 10.2753/CED1061-1932450405


Article Metrics

Abstract view : 88 times | PDF view : 18 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.