PKM Pelatihan PTK Bagi Guru SLB Negeri Jennetallasa
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/inovasi.v1i2.25920
Abstract
Abstrak. Layanan pada Sekolah Luar Biasa akan mengangkat tentang 3 hal utama yakni, kemampuan, kebutuhan dan kelemahan siswa. Hal ini memunculkan permasalahn yang khas sesuai dengan karakteristik dan kekhususan siswa yang diampu.penggunaan metode, media dan beberapa pilihan pengajaran dengan berbadai adaptasdi. Mitra Program Kemitraan Komunitas (PKM) ini adalah SLB Negeri Jenne’tallasa Gowa. Masalahnya adalah: (1) Pemahaman tentang Penelitian Tindakan Kelas (PTK), (2) kurang mampu mengidentifikasi rumusan masalah pada kelas yang diampu dan memahami siklus PTK serta pemahaman guru dalam menulis penelitian berdasarkan sistematika penulisan yang benar. Hasil yang dicapai adalah Pemahaman secara konseptual dan komprehensif tentang Penelitian Tindakan kelas dan siklus PTK. Melihat hasil pre-tes dan post-tes kemudian dibandingkan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan pemahaman guru-guru tentang penelitian Tindakan Kelas.
Kata Kunci : PTK, Guru, SLB
Full Text:
PDFReferences
Angraeni, R. (2014) ‘Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas Guru SD Negeri Widoro Lempuyangan Yogyakarta’, UNY, pp. 1–105.
Danoebroto, S. W. (2012) ‘10 Pertanyaan Mengenai Penelitian Tindakan Kelas’, pp. 1–8.
Stringer, E. (2008) Action Research in Education. 2nd edn, pearson education.
Mertler, C. A. (2014) Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Indeks.z
nd edn. New Jersey
Mertler, C. A. (2014) Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Indeks.
LP2M UNM. (2021) Panduan PNBP Penlitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Tidak Dipublikasikan.
Zhou, J. (2012) ‘Problems Teachers Face When Doing Action Research and
Finding Possible Solutions Doing Action Research and Three Cases’,
(March). doi: 10.2753/CED1061-1932450405
Article Metrics
Abstract view : 88 times | PDF view : 18 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.