Workshop Pelatihan Emosional Coaching untuk Meningkatkan Keterampilan Pekerja Sosial Merespon Emosi Anak Usia Dini di UPT PPRSA Inang Matutu Makassar

Auliyah Ariany Arifin(1*), Annisa Putri Dimas(2), Aqidatul Izzah Luthfi(3), Dewi Munadiah Hasrullah(4), Fadhil Mubarak(5), Nur Akmal(6),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(6) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/inovasi.v1i2.25060

Abstract


Abstrak. Anak usia dini adalah anak usia nol sampai 6 tahun. Dimana anak ini mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Dalam fase tumbuh kembang yang dilalui oleh anak terdapat beberapa masalah dan hambatan yang alami. Salah satu permasalahan tumbuh kembang anak usia dini yang sering ditemukan adalah permasalahan emosi. Sehingga dalam menghadapi emosi anak dibutuhkan keterampilan. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada Pekerja Sosial yang berada di UPT PPRSA Inang Matutu. Workshop ini dilaksanakan dalam 4 tahap yatu, tahap skrining, observasi, persiapaan materi, dan pelaksanaan. Kesimpulan dari pelaksanaan kegiatan ini yakni 1) adanya peningkatan pengetahuan peserta mengenai perkembangan emosi anak usia dini, 2) adanya peningkatan kemampuan peserta dalam merespon momen emosional anak, 3) adanya evaluasi positif dari peserta terkait pemberian materi, pemateri dan fasilitator selama kegiatan pelatihan.  

 

Kata Kunci: anak usia dini, emosi anak, Pelatihan.


Full Text:

PDF

References


Astinah, Wahyuningsih, H., & Rachmahana, R. S. (2019). Pelatihan emotion coaching untuk meningkatkan ketrampilan guru merespon emosi anak usia dini. JURNAL INTERVENSI PSIKOLOGI, 11(2). 67-78.

Khairani, K. (2020). Pelatihan Peningkatan Kemampuan Guru dalam Penyusunan RPP. Jurnal Kinerja Kependidikan (JKK), 2(3), 403-415.

Khairi, H. (2018). Karakteristik perkembangan anak usia dini dari 0-6 tahun. Jurnal warna, 2(2). 15-28.

Nugraha, A., & Rachmawati, Y. (2008). Metode Pengembangan Sosial Emosional, Jakarta: Universitas Terbuka

Sukatin, Chofifah, N., Turiyana, Paradise. M. R., Azkia, M., & Ummah, S. N. (2020). Analisis Perkembangan Emosi Anak Usia Dini. GOLDEN AGE: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(2), 77-90.


Article Metrics

Abstract view : 128 times | PDF view : 33 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.