Psikoedukasi Kontrol Diri sebagai Bentuk Relapse Prevention pada Warga Binaan Kasus Narkoba di Rutan Klas 1 Makassar

Muh. Nur Hidayat Nurdin(1*), Nur Indriani(2), Nurfuanni Azizah(3), Nur Rahmadhani(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Kasus terbanyak yang terjadi pada warga binaan di Rutan Kelas I Makassar adalah kasus penyalahgunaan narkoba, dimana sekitar 1500 warga binaan yang diantaranya 70% ditahan akibat kasus penyalahgunaan narkoba. Dari hasil analisis yang diperoleh, maka untuk itu diharapkan angka pravalensi narkoba dapat berkurang dengan mengadakan psikoedukasi. Tujuan dari psikoedukasi ini agar dampak psikologis pengguna narkoba warga binaan dapat memahami cara-cara melakukan kontrol diri untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan narkoba kembali terulang pada warga binaan di Rutan Kelas I Makassar. Metode yang digunakan dalam kegiatan psikoedukasi ini adalah metode ceramah. Hasil yang diperoleh warga binaan setelah dilaksanakannya psikoedukasi menunjukkan bahwa adanya peningkatakan pengetahuan baru mengenai kontrol diri, serta warga binaan dapat mengetahui cara kontrol diri lain yang dapat dilakukan selama berada dalam rumah tahanan untuk mencegah relapse yang didapatkan berdasarkan dari pengalamannya.

 

Kata Kunci: Kontrol diri, Pencegahan, Narkoba.


Full Text:

PDF

References


Amanda, M. P., Humaedi, S., & Santoso, M. B. (2017). Penyalahgunaan narkoba di kalangan remaja (Adolescent Substance Abuse). Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2).

Aminah, A. (2018). Peningkatan hasil belajar IPA melalui model pembelajaran interaktif dengan metode tanya jawab. Journal of natural science and integration, 1(1), 121-131.

Bakar, R. M., & Jufri, M. (2019). Analisis Kebutuhan & Rancangan Pelatihan. Yogyakarta : Penerbit Ombak.

Eleanora, F. N. (2021). Bahaya Penyalahgunaan Narkoba Serta Usaha Pencegahan dan Penanggulangannya (Suatu Tinjauan Teoritis). Jurnal hukum, 25(1), 439-452.

Hamzah, I., & Herlambang, P. R. (2021). Dapatkah Bersyukur Dan Kontrol Diri Mencegah Criminal Thinking Narapidana Kasus Kekerasan Seksual. Jurnal Psikologi, 17(1), 8-19.

Hapudin, M. S. (2021). Teori Belajar dan Pembelajaran, Menciptakan Pembelajaran yang Kreatif dan Efektif. Jakarta : Kencana.

Packer, G., Best, D., Day, E., & Wood, K. (2009). Criminal thinking and self-control among drug users in court mandated treatment. Criminology & Criminal Justice, 9(1), 93-110.

Warzuknidini, W., Pramono, A., & Firmansyah, M. (2020). Pengaruh Psikoedukasi Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba terhadap Perubahan Sikap Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang. Jurnal Bio Komplementer Medicine, 7(1).

Wulandari, P. D., Alfian, I. N., & Widiasavitri, P. N. (2020). Pelatihan Kontrol Diri untuk Mencegah Relapse pada Narapidana Kelompok Rehab Mantan Pecandu Narkoba di Lapas. Jurnal Diversita, 6(2), 175-182. DOI: https://doi.org/10.31289/diversita.v6i2.4083

Wulandari, C. M., Retnowati, D. A., Handojo, K, J. Rosida. (2015). Faktor-faktor yang mempengaruhi Penyalahgunaan NAPZA pada Masyarakat di Kabupaten Jember. Jurnal Farmasi Komunitas Vol, 2(1), 1-4.


Article Metrics

Abstract view : 126 times | PDF view : 43 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.