Psikoedukasi Mindfulness untuk Meningkatkan Pengetahuan dalam Mengatasi Stres Kerja pada Lingkup Polda Sul-Sel

Ahmad Ahmad(1*), Nur Shofiyah Jafni(2), Nur Safitri(3), Nadya Hamidah Wangsa Puteri(4), Nurbaity Nurbaity(5),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/inovasi.v1i2.24879

Abstract


Abstrak. Kepolisian Negara Republik Indonesia merupakan alat negara yang berperan dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakkan hukum, serta memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat dalam rangka terpeliharanya keamanan dalam negeri. Mindfulness merupakan salah satu jenis meditasi yang bisa melatih seorang untuk fokus terhadap kondisi sekitar dan emosi yang dialami serta menerimanya secara terbuka. Tujuan intervensi ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan personel Polda Sul-Sel dalam mengatasi stres dengan menggunakan teknik mindfulness. Metode yang digunakan adalah metode survei dan psikoedukasi dalam bentuk banner dan poster. Pengumpulan data awal yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode survei dengan jumlah partisipan sebanyak 62 orang. Psikoedukasi dalam bentuk banner dan poster digunakan sebagai upaya untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan dalam mengatasi stres. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa pemahaman subjek mengalami peningkatan secara signifikan yaitu sebesar 38% dan subjek memahami cara mengatasi stres dengan menggunakan teknik mindfulness.

 

Kata Kunci: Polisi, Stres Kerja, Psikoedukasi, Mindfulness


Full Text:

PDF

References


Andersen, J. P., Papazoglou, K., Koskelainen, M., Nyman, M., Gustafsberg, H., & Arnetz, B. B. (2015). Applying Resilience Promotion Training Among Special Forces Police Officers. SAGE Open, 5(2), 1–8. https://doi.org/https://doi.org/10.1177/2158244015590446

Baharuddin, M.I., Jufri, M., & Hamid, A. N. (2019). Hubungan Antara Kecerdasan Emosi Dengan Stres Kerja Pada Anggota Kepolisian Satuan Lalu Lintas Polrestabes Makassar. Jurnal Psikologi Talenta, 5(1), 2615–1731. https://doi.org/https://doi.org/10.26858/talenta.v5i1.10633

Brown, K.W. & Ryan, R. M. (2003). The Benefit of Being Present: Mindfulness and Its Role in Psychological Well-Being. Journal of Personality & Social Psychology, 84(4), 822–848.

Hayati, U., Maslihah, S., & Musthofa, M. A. (2020). Stress Kerja Pada Polisi. Jurnal Sains Psikologi, 9(2), 96–103. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um023v9i22020p96-103

Islamiyah, A., Sismawati, M., & Kaloeti, D. V. (2020). Pengaruh Psikoedukasi Mindfulness Singkat Pada Kemampuan Regulasi Emosi Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 8(1), 66–74.

Morash, M., Haarr, R., & Kwak, D. (2006). Multilevel Influences on Police Stress. Jurnal of Contemporary Justice, 22(1), 26–43.

Natasubagyo, O. S., & Kusrohmaniah, S. (2019). Efektivitas Psikoedukasi untuk Peningkatan Literasi Depresi. Gadjah Mada Journal Of Profesional Psychology, 5(1), 36–35.

Ni’matuzaroh. (2019). Aplikasi Psikologi di Sekolah: Teori dan Praktik dalam Memahami Masalah-Masalah di Sekolah. Malang: UMM Press.

Rahmat, A. (2020). Metodologi Penelitian: Pendekatan Multidisipliner. Gorontalo: Ideas Publishing.

Siregar, P. A., Harahap, R. A., & Aidha, A. (2020). Promosi Kesehatan Lanjutan Dalam Teori Dan Aplikasi. Jakarta: Prenada Media.

Undang-undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Zakir, & M. (2011). Police Job Stress and Stress Reduction/Coping Programs: The Effect On The Relationship With Spuses. Turkish Journal Of Police Studies, 13(3), 19–38.


Article Metrics

Abstract view : 512 times | PDF view : 130 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.