A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z All
Seminar Nasional Pendidikan IPA
Tema Kegiatan | "Desain Pembelajaran IPA Berorientasi Masa Depan yang Berkelanjutan" |
Waktu dan Tempat | Hari : Sabtu Tanggal : 16 September 2023 Tempat : Zoom Virtual Meeting |
Pembicara 1 | Prof. Dr. Ida Kaniawati, M.Si. Scopus: 57190936940 Orcid: https://orcid.org/0000-0003-2787-7892 |
Pembicara 2 | Prof. Dra. Sri Rahayu, M.Ed., Ph.D. Scopus: 57200105209 Orcid: https://orcid.org/0000-0002-5204-4756 |
Pembicara 3 | Dr. Nurhayani H. Muhiddin, M.Si. Scopus: 57202609006 |
Pemakalah Paralel | Dosen-dosen Perguruan Tinggi dan masyarakat umum yang memiliki keterlibatan dalam penelitian dan pengabdian masyarakat dalam pemberdayaan masyarakat dan pengembangan sumber daya manusia yang unggul. |
Peserta | Peserta kegiatan ini terbuka bagi seluruh dosen pendidikan tinggi di Indonesia, praktisi, mahasiswa, dan lembaga atau organisasi masyarakat. |
Penyelenggara | Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar |
ISBN | 978-602-53397-3-8 |
Latar Belakang:
Perguruan tinggi berkewajiban memelihara dan mengembangkan ilmu pengetahuan untuk kesejahteraan dan kemaslahatan ummat manusia. Untuk maksud tersebut perguruan tinggi melaksanakan tri darma perguruan tinggi yang meliputi, pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat. Tridarma ini harus berjalan seimbang dan bersinerji satu sama lain sehingga pengembangan ilmu pengetahuan bukan semata untuk ilmu pengetahuan saja akan tetapi pengembangan ilmu pengetahuan untuk melahirkan produk dan hasilnya dapat dimanfaatkan secara ril untuk pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.
Salah satu tantangan terberat pemerintah selama ini adalah pengangguran yang cenderung semakin meningkat. Salah satu penyebabnya karena pemerintah cenderung mengejar pertumbuhan yang tinggi, sementara abai dalam pemerataan. Ekonomi tumbuh rata-rata 5-6 %, bahkan Sulawesi Selatan tumbuh 7% di atas rata-rata nasional akan tetapi ginirasio berdasarkan data BPPS 2017 berada di angka 0,391. Kenyataan seperti ini tidak bias dibiarkan terus menerus, apalagi di tengah potensi masyarakat yang besar, mereka punya modal social, budaya dan etos kerja yang baik dan yang tidak kalah pentingnya adalah mereka selama ini punya produk yang dikelola secara manual dan turun temurun, dikelola dengan manajemen tradisional, dan dipasarkan di ruanglingkup yang kecil dengan harga yang murah.
Perguruan tinggi seharusnya terpanggil untuk menjawab tantangan-tantangan di atas melalui pelaksanaan darma ketiga pengabdian pada masyarakat, dan panggilan tersebut sejauh ini sudah banyak dilakukan namun program-program yang betul-betul pokus pada sasaran masih perlu diperbaiki, terutama mengeksplor potensi ekonomi kreatif yang sejak lama ada dan sedang tumbuh di masyarakat.
Berdasar pada latarbelakang itulah seminar nasional Pendidikan IPA IV 2023 penting untuk dilakukan. Seminar ini diharapkan akan memberi motivasi dan inspirasi, terutama kepada pengabdi untuk melahirkan berbagai karya, produk, dan konsep aplikatif, terutama terkait dengan produk berbasis akselerasi percepatan pembangunan nasional.
Tema Kegiatan:
Adapun tema yang diusung dalam seminar nasional tahun ini yakni “Desain Pembelajaran IPA Berorientasi Masa Depan yang Berkelanjutan".
View Journal | Current Issue | Register
Wen Chuang:Journal of Foreign Language Studies, Linguistics, Education, Literatures, Cultures, and Sinology
Journal title | : Wen Chuang: Journal of Foreign Language Studies, Linguistics, Education, Literatures, Cultures, and Sinology |
Initials | Wen Chuang |
DOI | : prefix 10.26858 by |
Online ISSN | : 2827-9441 |
Frequency | : Biannually (February and August) |
Editor In Chief | : Misnawaty Usman |
Publisher | : Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin, Universitas Negeri Makassar |
Citation Analysis | : Garuda | Sinta | Google Scholar |
OAI Journal | : http://ojs.unm.ac.id/WenChuang/oai |
View Journal | Current Issue | Register
IPTEK: Jurnal Hasil Pengabdian kepada Masyarakat
IPTEK (P-ISSN: 2809-1124, E-ISSN: 2809-1132) merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Negeri Makassar. Jurnal ini menerbitkan artikel laporan hasil program pengabdian masyarakat. Jurnal ini terbit 3 kali dalam 1 tahun yakni bulan April, Agustus dan Desember.
View Journal | Current Issue | Register
Jurnal Aktor
Journal title | JURNAL AKTOR |
Initials | AKTOR |
Abbreviation | Jur. Aktor |
Frequency | Biannual (October, February, Juni) |
DOI | Prefix 10.26858/aktor by |
ISSN | 2808-4365 (Print) | 2808-5167 (Online) |
Editor-in-chief | Muhammad Guntur |
Publisher | Program Studi Ilmu Administrasi, Fakultas Ilmu Sosial |
Citation | Google Scholar | Garuda |
JURNAL AKTOR is a high-quality open-access and peer-reviewed research journal with p-ISSN 2808-4365, and e-ISSN 2808-5167.
JURNAL AKTOR providing a platform that welcomes and acknowledges high quality empirical original research papers about is a publication media to channel the scientific work of lecturers, theoretical, and practitioners in the field of public administration, as well as observers of public administration. Published by Program Studi Ilmu Administrasi, Fakultas Ilmu Sosial.
JURNAL AKTOR published biannually, schedule in June and December, and the Journal Editorial invites researchers, academicians, professionals, and practitioners from all over the world to submit the manuscript.
Authors can submit articles/manuscripts by logging into the Open Journal System (OJS) https://ojs.unm.ac.id/Aktor/author/submit
View Journal | Current Issue | Register
Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan
Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan (JIAN) berkomitmen untuk menerbitkan studi berkualitas tinggi di bidang akuntansi dan bidang terkait. Kami juga menerbitkan artikel-artikel tentang penelitian akuntansi yang berkaitan dengan pengembangan di bidang seperti keuangan, ekonomi, dan pasar modal. Karya empiris, analitis dan eksperimental dari semua varietas dan paradigma, normatif maupun positif, akan dipertimbangkan, asalkan berkontribusi secara signifikan terhadap kemajuan pengetahuan kita di bidang akuntansi. Naskah yang dikirimkan harus berisi penelitian asli yang belum dipublikasikan dan tidak dimaksudkan untuk kemungkinan publikasi di tempat lain.
View Journal | Current Issue | Register
METAPSIKOLOGI: Jurnal Ilmiah Kajian Psikologi
Journal title | : METAPSIKOLOGI: Jurnal Ilmiah Kajian Psikologi |
Initials | : Metapsikologi |
Abbreviation | : j. of. metapsikologi |
DOI | : prefix 10.26858 by |
ISSN(Electronic) | : 2964-3880 |
ISSN (Print) | : 2963-4202 |
Frequency | : 2 Issues per Year |
First Published | : November 2022 |
Editor in chief | : Basti Tetteng |
Area of Interest | :
|
City | : Indonesia |
Publisher | : Program Studi Magister Psikologi |
Institution | : Universitas Negeri Makassar |
Contact: | : metapsikologi@unm.ac.id |
Citation Analysis | : Garuda | Sinta | Google Scholar |
METAPIKOLOGI: Jurnal Ilmiah Kajian Psikologi is an open journal system that uses a peer-reviewed system in the journals, with e-ISSN: 2964-3880 and p-ISSN: 2963-4202 published by the Psychology Master's Program, Makassar State University. METAPSIKOLOGI is an Open-Access journal and published twice a year every Mei and November. Articles/Journals published with aims and scope around: (1) psychology of organizational behavior; (2) entrepreneurship; (3) positive psychology; (4) human developmental dynamics; (5) values and character education; (6) family and community resilience; (7) Indigenous Psychology; and (8) islamic psychology
Registration Guide for Author and Template Metapsikologi
View Journal | Current Issue | Register
Indonesian Journal of Pedagogical and Social Sciences
Indonesian Journal of Pedagogical and Social Sciences (E-ISSN: 2808-2680, P-ISSN:2808-2737) publishes research articles results and conceptual studies in field of pedagogical and Social Sciences. This Journal publishes research studies employing a variety of qualitative and/or quantitative methods and approaches in the field of pedagogical and Social Sciences. The journal covered by all topics in:
- Humanities
- Social studies
- Management
- Education,
- Teaching
- Learning
- And others (within the scope of pedagogical and Social Sciences)
View Journal | Current Issue | Register
Phinisi Applied Accounting Journal
View Journal | Current Issue | Register
INSIGHT: Indonesian Journal Social Studies and Humanities
INSIGHT: Indonesian Journal of Social Studies and Humanities (E-ISSN: 2798-9127, P-ISSN: 2798-916X) publishes research articles results and conceptual studies in field of Humanities and Social Studies. This Journal publishes research studies employing a variety of qualitative and/or quantitative methods and approaches in the field of Humanities and Social Studies. The journal covered by all topics in:
- Humanities
- Social studies
- Management
- Education,
- Teaching
- Learning
- And others (within the scope of Humanities and Social Studies)
View Journal | Current Issue | Register
Wahana Literasi: Journal of Language, Literature, and Linguistics
WAHANA LITERASI: Journal of Language, Literature, and Linguistics
- ISSN: 2830-1641 (Cetak) 2830-1552 (online)
- Editor in Chief: Johar Amir
- Penerbit: Prodi Pendidikan Bahasa Program Pascasarjana, Universitas Negeri Makassar
- Frekuensi terbit: 2 kali dalam setahun
Wahana Literasi: Journal of Language, Literature, and Linguistics publishes manuscripts on research in language teaching, literature, and linguistics. This journal features research novelties and significance for scientific advancement in one of the fields of the published manuscripts. This journal welcomes submissions from around the world as well as from Indonesia. Manuscripts published including;
Linguistics; phonology, morphology, syntax, discourse analysis, psycholinguistics, sociolinguistics, and critical discourse analysis.
Literature: local literature studies, Indonesian literature, foreign literature studies, children literature, literature studies for character education, and other literary studies.
Indonesian Language and Literature: curriculum development, learning methods, learning materials, learning media, assessment, Indonesian language learning across curricula, information and communications technology in Indonesian language learning, language skills, and other Indonesian language learning analyses.
The editorial board would like to receive manuscripts submitted via the online submission system. Make sure that the manuscripts meet the scope and submission guidelines of the journal.
View Journal | Current Issue | Register
SMART: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Journal title | Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat |
Initials | SMART |
Editor In Chief | Dr. Aswi, M.Si. |
Online ISSN | 2808-9812 |
Publisher | Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Negeri Makassar |
Citation Analysis | Google Scholar |
OAI Journal | http://ojs.unm.ac.id/smart/oai |
Jurnal SMART adalah jurnal pengabdian kepada masyarakat yang diterbitkan secara berkala oleh Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar. Jurnal ini dijadwalkan terbit sebanyak dua kali dalam setahun yaitu pada bulan April dan Oktober. Jurnal ini menerbitkan artikel-artikel ilmiah mengenai berbagai aktivitas pengabdian kepada masyarakat bidang pendidikan, sains, sosial, teknologi dan pengembangan sumber daya manusia.
View Journal | Current Issue | Register
INDONESIAN JOURNAL OF BUSINESS AND ENTREPRENEURSHIP RESEARCH
Indonesian Journal of Business and Entrepreneurship Research is a scientific journal published by Departement of Business and Entrepreneurship, Faculty of Economics and Business, Universitas Negeri Makassar.
Indonesian Journal of Business and Entrepreneurship Research is published three times a year, in January, May, and September. Receive field articles, entrepreneurship education, government policy on entrepreneurship, entrepreneurship in ethnic enclaves, self-employment among immigrants, entrepreneurship among minority groups, indigenous entrepreneurship, gender and entrepreneurship, entrepreneurship in developing and transitional countries, entrepreneurship and ethics, intrapreneurship, entrepreneurial marketing, leadership and management, knowledge entrepreneurship, entrepreneurial learning organisations, social entrepreneurship, family business and entrepreneurship, sustainable entrepreneurship, parallel entrepreneurship, e-entrepreneurship, part-time entrepreneurship, home-based entrepreneurship.
We strongly prefer to receive manuscripts via our online submission system. Using this system, authors can upload manuscript files (text, figures, and supplementary information, including video) and check the review process. First, kindly please register as an author, and then log in for paper submission. Please tick “Author” when making a registration.
Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.
View Journal | Current Issue | Register
Journal of Accounting, Economics, and Business Education
Journal title | Journal of Accounting, Economics and Business Education (JAEBE) |
Print ISSN | - |
Online ISSN | - |
Frequency | 2 issues per year |
Editor-in-chief | Dra. Sitti Hajerah Hasyim, M.Si. (Universitas Negeri Makassar, Indonesia) |
Affiliation | Universitas Negeri Makassar, Indonesia |
Publisher | Program Studi Pendidikan Akuntansi |
OAI Journal | https://ojs.unm.ac.id/JAEBE/oai |
Citation Analysis | Google Scholar |
Journal of Accounting, Economics and Business Education (JAEBE) is a national journal devoted to professionals and researchers in the fields of education and business. JAEBE contains studies on accounting, economics and business published by the accounting education study program of the Faculty of Economics, Makassar State University. JAEBE is published twice a year, every March and September with a minimum of 10 articles published in each issue
View Journal | Current Issue | Register
TITIK DUA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
Journal title | : TITIK DUA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia |
Abbreviation | : JT |
Frequency | : 3 issues per year |
DOI | : prefix 10.xxxxx by |
Print ISSN | : 2809-5413 |
Online ISSN | : 2809-5332 |
Editor-in-Chief | : Dr. Sakaria, S.S., S.Pd., M.Pd. |
Afiliation | : Universitas Negeri Makassar |
Publisher | : Study Program of Indonesian Language Education |
OAI Journal | : http://ojs.unm.ac.id/Indonesia/oai |
TITIK DUA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia publishes manuscripts on research in language teaching, literature, and linguistics. TITIK DUA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia features research novelties and significance for scientific advancement in one of the fields of the published manuscripts. This journal welcomes submissions from around the world as well as from Indonesia. Manuscripts published including. Linguistics: phonology, morphology, syntax, discourse analysis, psycholinguistics, sociolinguistics, and critical discourse analysis. Literature: local literature studies, Indonesian literature, foreign literature studies, children literature, literature studies for character education, and other literary studies. Indonesian Language and Literature:curriculum development, learning methods, learning materials, learning media, assessment, Indonesian language learning across curricula, information and communications technology in Indonesian language learning, language skills, and other Indonesian language learning analyses. TITIK DUA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia is published since 2021.
View Journal | Current Issue | Register
INOVASI: Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat
INOVASI: Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Negeri Makassar (E-ISSN: 2775-9210, P-ISSN: 2775-9229). Jurnal ini memuat artikel hasil pengabdian kepada masyarakat di segala bidang baik itu di bidang pendidikan, teknologi tepat guna, sosial dan ekonomi, dan bidang-bidang lainnya. Fokus utama dari jurnal ini adalah berupa hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat.
View Journal | Current Issue | Register
International Journal of Educational Development and Innovation
Journal title | International Journal of Educational Development and Innovation |
Initials | : IJEDI |
Abbreviation | : j. of. edu. innovat |
DOI | : prefix 10.26858 by |
ISSN(Electronic) | : 2807-9132 |
ISSN (Print) | : 2797-7528 |
Frequency | : Biannually (March and August) |
First Published | : August 2021 (On Going) |
Editor in chief | : Muh Ilham Bakhtiar |
Area of Interest | : 1. Innovation Education 2. Education in Learning 3. Educational Technology |
City | : Indonesia |
Publisher | : Fakultas Ilmu Pendidikan |
Institution | : Universitas Negeri Makassar |
Contact: | : ijedi@unm.ac.id |
:+62 85299898 201 | |
Citation Analysis | : Garuda | Sinta | Google Scholar |
View Journal | Current Issue | Register
EDUSTUDENT: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran
Journal title | EDUSTUDENT: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran |
Initials | : EDUSTUDENT |
Abbreviation | : j. edustudent |
DOI | : prefix 10.26858 by |
ISSN(Electronic) | : 2809-0632 |
ISSN (Print) | : 2808-358X |
Frequency | : January, April, July, October, |
First Published | : Oktober 2021 |
Editor in chief | : Syamsurijal Basri |
Area of Interest | : 1. Education Administration 2. Guidance and Counseling 3. Special Education 4. Non-Formal Education 5. Educational Technology 6. Primary School Teacher Education 7. Early Childhood Education |
City | : Indonesia |
Publisher | : Fakultas Ilmu Pendidikan |
Institution | : Universitas Negeri Makassar |
Contact: | : edustudent@unm.ac.id |
:+6285299149118 | |
Citation Analysis | : Garuda | Sinta | Google Scholar |
EDUSTUDENT: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran is a scientific journal published by the Center for Cooperation and Development of Educational Innovation (PKPIP) faculty of education, Makassar State University, intended for students and researchers.
EDUSTUDENT: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Has p-ISSN: 2808-358X and e-ISSN: 2809-0632 publishes education and learning articles. Students, Lecturers, and Researchers interested in publishing can adjust the journal guidelines and templates and then send them directly on the journal website by first registering.
EDUSTUDENT: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran is a Scientific Publication reviewed by experienced experts in expertise with abstracts in English and Indonesian.
View Journal | Current Issue | Register
Journal of Social Science and Character Education
View Journal | Current Issue | Register
PINISI TEACHING JOURNAL
View Journal | Current Issue | Register
HUMAN: South Asian Journal of Social Studies
Human : South Asean Journal of Social Studies (E-ISSN: 2776-7744 / P-ISSN: 2776-7736) is an open access journal which focuses on the development of the humanities studies and social sciences. The aim of our journal is to promote a principled approach to research on the area of social sciences and humanities in general, which may include, but not limited to Linguistics and Literature, Arts, Cultural Studies, Law, Economics and business, Tourism, Social Sciences, Political Sciences, and Education. Its scope is international in that it welcomes articles from academics, researchers, graduate students and policy makers.
This Journal is published on March and August. This journal truly maintains the quality and research ethics. Every article submitted will be reviewed by experts during 6 weeks. Therefore, the announcement of article received to be published will be announced at least 2 months after article being submitted. We truly notice about plagiarism and the originality of article.
View Journal | Current Issue | Register
Pinisi Journal of Sociology Education Review
Journal title | Pinisi Journal of Sociology Education Review |
Initials | PJSER |
Abbreviation | Pinisi. jour. Socio.Edu.Rev |
Frequency | Biannual (March, July, November) |
DOI | Prefix 10.26858/jser by |
ISSN | 2830-0572 (Print) | 2829-937X (Online) |
Editor-in-chief | Andi Octamaya Tenri Awaru |
Publisher | Sociology Education Study Program Faculty of Social Science |
Citation | Google Scholar | Garuda |
Pinisi Journal of Sociology Education Review is a high-quality open-access and peer-reviewed research journal with p-ISSN 2830-0572, and e-ISSN 2829-937X.
Pinisi Journal of Sociology Education Review providing a platform that welcomes and acknowledges high quality empirical original research papers about Sociology, Culture, Family, Gender Equality, Social Inclusion, Society, Politics, Philosophy, and Development. Published by Sociology Education Study Program Faculty of Social Science.
Pinisi Journal of Sociology Education Review published biannual, schedule in March, July, November, and the Journal Editorial invites researchers, academicians, professionals, and practitioners from all over the world to submit the manuscript.
Authors can submit articles/manuscripts by logging into the Open Journal System (OJS) https://ojs.unm.ac.id/jser/author/submit
View Journal | Current Issue | Register
Seminar Nasional Teknologi Pendidikan
1. Latar Belakang
Era digital menjadikan aktivitas berpindah ke dalam online, dilain pihak perkembangan teknologi idealnya sebanding dengan perkembangan kompetensi penggunanya. Hal tersebut menjadi fenomena yang menjadi fokus perhatian Prodi Teknologi Pendidikan dalam penyelenggaraan seminar ini. Seminar nasional merupakan kegiatan tahunan dengan penyelenggara Mahasiswa Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar sejak Tahun 2017. Seminar ini dirangkaikan dengan kegiatan Edufair yang juga merupakan kegiatan tahunan Mahasiswa Teknologi Pendidikan. Kegiatan edufair ini terbuka untuk umum, dengan berbagai kegiatan seperti talkshow, kewirausahaan, pameran, lomba dan seminar nasional . Kegiatan ini sangat sejalan dengan Program Kampus Merdeka – Merdeka Belajar yang dicanangkan oleh Mendikbud Nadiem Makarim tanggal 24 Januari 2020 silam. Program kampus merdeka mengusung semangat kemandirian mahasiswa dalam berbagai persoalan, tidak lagi terikat di dalam kelas sangat sesuai dengan kompetensi yang harus diperoleh mahasiswa yaitu mampu memahami berbagai kebutuhan di masyarakat secara langsung, berkolaborasi dan berinovasi mengembangkan kompetensinya. Semangat itu yang mendorong terlaksananya seminar daring nasional ini dengan meletakkan perhatian utama pada literasi digital, untuk menyiapkan generasi digital menuju digital nation.
Kehadiran dunia digital telah memudahkan masyarakat mendapatkan berbagai informasi dengan cepat dari berbagai penjuru dunia. Tak hanya memberikan informasi dengan cepat, media digital dalam perkembangannya memberikan banyak manfaat seperti mempermudah interaksi antar masyarakat (berkomunikasi), pendidikan dan menjalankan usaha. Namun, teknologi juga memiliki dua sisi yang berbeda, sisi positif dan sisi negatif. Perkembangan teknologi seringkali tidak diimbangi dengan perkembangan individu sebagai penggunanya.
Perkembangan pengguna internet di Indonesia setiap tahun mengalami peningkatan hal ini dapat dilihat dari jumlah yang dirilis oleh beberapa badan survei sepertii we are social & Hotsuite dan APJII setiap tahunnya, data digital Indonesia di tahun 2020 menunjukkan ada 202,6 juta pengguna internet di Indonesia, sedangkan data digital Indonesia per Januari 2021 juga menunjukkan angka pengguna internet di Indonesia pada Januari 2021 mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya, dimana dari 202,6 juta pengguna internet di Indonesia yang telah mengalami peningkatan sebesar 27 juta dari angka pada tahun 2020. Data tersebut, angka penetrasi pengguna internet sebesar 73,7%. Sedangkan penguna media sosial aktif di Indonesia terdapat 170,0 juta pengguna. (We Are Social and HootSuite, 2021). Hal ini tentunya di pengaruhi oleh kondisi yang saat ini mengharuskan semua dilakukan secara online, membuat masyarakat menghabiskan waktunya di dunia maya.
Pengguna internet jika di lihat dari segmen usia di Indonesia anak-anak dan remaja merupakan pengguna internet terbanyak dengan usia 10-14 tahun memiliki penetrasi sebesar 66,2% dan usia 15-19 tahun mempunyai penetrasi internet paling tinggi sebesar 91% di tahun 2018, dan hal yang sama juga di ungkapkan APJII di data survei 2019-2020 yang juga menunjukkan hal yang sama, usia 10-19 tahun yang masih menempati posisi pengguna internet terbanyak. Mereka inilah yang dikenal dengan yaitu Digital Native atau net generation, generasi digital yaitu generasi yang lahir setelah tahun 1980-an, di mana mereka selalu dikelilingi dan menggunakan komputer, video game, pemutar musik digital, kamera video, telepon selular dan mainan digital lain. Geberasi sebelumnya disebut Digital Immigrant yaitu orang-orang yang lahir sebelum tahun 1980 dan tidak tumbuh di era budaya digital. Mereka memerlukan kemampuan beradaptasi dengan teknologi dalam kehidupan sehari-hari (Hill, 2010: 22). Mengingat Digital Native adalah seseorang yang lahir selama atau setelah digital itu dikenalkan dengan lebih luas dan mereka mulai terbiasa berintrakasi dengan digital sejak usia dini sehingga mereka sudah mulai menggunakan dan memahami dari sejak dini tentang hal-hal yang berhubungan dengan digital.
Hal tersebutlah yang menjadi perhatian utama terselenggaranya seminar ini. Kedua generasi ini baik native maupun immigrant saat ini sama-sama memiliki ketergantungan terhadap teknologi informasi, namun meski menggunakannya belum dapat dipastikan mereka memiliki kompetensi literasi digital yang cukup sebagai pengguna. Individu perlu menguasai kecakapan literasi digital untuk beradaptasi di era digital ini. Pengguna Internet yang semakin muda menjadi bagian terbentuknya generasi digital, mereka harus disiapkan dan beradaptasi dengan dunia maya. Internet tidak hanya menwarakan informasi dan kemudahan tapi juga memiliki sisi gelap seperti cyberbullying maupun cybercrime, yang dampaknya sangat besar bagi pengguna di dunia nyata. Literasi digital secara sederhana diartikan sebagai kecakapan memahami dan menggunakan informasi dari berbagai tipe format sumber-sumber informasi yang lebih luas, dan mampu ditampilkan melalui perangkat komputer. Kemampuan literasi digital menjadikan seseorang mampu mentransformasikan kegiatan melalui penggunaan perangkat teknologi digital.
Tahun 2018 United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) mendefinisikan literasi digital sebagai kemampuan individu untuk mengakses, memahami, membuat, mengomunikasikan, dan mengevaluasi informasi melalui teknologi digital. Sementara Jaringan Pegiat Literasi Digital (Japelidi) pada tahun yang sama menyebutkan literasi digital terdiri atas tiga elemen, yaitu pengetahuan, kompetensi, dan lokus personal. Pengetahuan dan kompetensi artinya individu diharapkan memahami dan mengimplemntasikan konsep literasi digital, sedangkan lokus personal artinya kebutuhan literasi digital individu satu dan lainnya bisa saja berbeda. Japelidi juga mengelompokkan literasi digital menjadi 10 kompetensi, yaitu mengakses, menyeleksi, memahami, menganalisis, membuktikan, mengevaluasi, mendistribusi, memproduksi, berpartisipasi, dan kolaborasi.
Pentingnya membangun kemampuan literasi digital pada generasi muda sebagai digital native mapun digital immigrant sangat mempengaruhi kualitas masa depan bangsa. Hal itu karena keduanya baik langsung maupun tidak langsung merupakan salah satu elemen penting dan potensial dalam membangun bangsa sebagai bahian dari digital nation. Digital immigrant juga perlu memiliki kompetensi Literasi digital yang baik, unutk beradaptasi dengan generasi digital sebagai orangtua maupun pendidik dan juga untuk menjalani berbagai aktivitas mereka di dunia maya. Kompetensi literasi digital yang baik akan mampu membuat mereka berinteraksi, bekerja, belajar dan berkreasi di dunia digital dengan aman dan nyaman. Perkembangan teknologi digital yang diimbangi dengan pembangunan karakter berliterasi digital, tentunya akan membentuk generasi digital yang berintelek dan memiliki keterampilan menuju digital nation.
2. Tujuan kegiatan
Adapun tujuan dilaksanakannya Seminar Nasional ini adalah :
- Generasi muda dan masyarakat luas dapat memahami kompetensi literasi digital guna pemanfaatan Internet yang positif dan produktif, sebagai bagian dari generasi digital.
- Generasi muda dan masyarakat luas dapat menjelaskan kompetensi literasi digital guna pemanfaatan Internet yang positif dan produktif, sebagai bagian dari generasi digital.
- Generasi muda dan masyarakat umum dapat memiliki dan menerapkan kecapakan literasi digital dalam mewujudkan digital nations.
3. Tema Kegiatan
"Digital Generation For Digital Nation".
- Prof. Dr. Ir. H. Husain Syam, M.TP., IPU. ( Rektor Universitas Negeri Makassar ) “Keynote speech & pembuka kegiatan”.
- Prof. Dr. H. Aris Junaidi, Ph.D. (Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan (PDDIKTI)) – “Generasi Digital Kreatif dan Inovatif untuk Digital Nation”.
- Dr. Novi Kurnia, M.Si., M.A. ( Universitas Gadjah Mada dan Jaringan Pegiat Literasi Digital (Japelidi) ) “ Kurikulum Literasi Digital “.
- Anita Ashvini Wahid ( Mafindo & Waketum GNLD Siberkreasi ) – “Internet nyaman untuk generasi digital”.
Penanggung Jawab :
Dr. Abdul Hakim, S.Pd M.Si.
Dr. Citra Rosalyn Anwar, S.Sos, M.Si.
Merrisa Monoarfa, S.Pd, M.Pd.
Andromeda Valentino, S.Pd, M.Pd.
1. Aprilia Hestiningrum (Koord)
Izzul Kiram Suardi: +62 811 469 4494
Rahayu Nurfadilla: +62 821 929 12494
View Journal | Current Issue | Register
SOCIETIES: Journal of Social Sciences and Humanities
SOCIETIES: Journal of Social Sciences and Humanities (E-ISSN: 2775-6645 / P-ISSN: 2775-1686) is an open access journal which focuses on the development of the humanities studies and social sciences.
The aim of our journal is to promote a principled approach to research on the area of social sciences and humanities in general, which may include, but not limited to Linguistics and Literature, Arts, Cultural Studies, Law, Economics and business, Tourism, Social Sciences, Political Sciences, and Education. Its scope is international in that it welcomes articles from academics, researchers, graduate students and policy makers.
This Journal is published on June and December. This journal truly maintains the quality and research ethics. Every article submitted will be reviewed by experts during 6 weeks. Therefore, the announcement of article received to be published will be announced at least 2 months after article being submitted. We truly notice about plagiarism and the originality of article.
View Journal | Current Issue | Register
Juara SD : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar
Journal title | Juara SD: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran SD |
Initials | JSD |
Abbreviation | education, elementary, |
Frequency | 3 issues per year |
DOI | prefix 10.26858 by |
Print ISSN | - |
Online ISSN | 2830-3164 |
Editor-in-chief | Lukman Ali |
Managing Editor | Muhammad Asrul Sultan |
Publisher | Universitas Negeri Makassar |
Citation Analysis | SCOPUS citation | Web of Science | Google Scholar |
OAI Journal | http://ojs.unm.ac.id/JSD |
Juara SD : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran SD adalah jurnal pendidikan dan pembelajaran yang fokus pada keilmuan pendidikan SD, kurikulum SD, teori pembelajaran SD, dan bidang kelimuan lainnya tentang model, pendekatan, metode dan inovasi pembelajaran pada setiap jenjang pendidikan . Jurnal ini diterbitkan pada setiap bulan Maret, July dan November setiap tahun.
View Journal | Current Issue | Register
Phonologie : Journal of Language and Literature
PHONOLOGIE: Journal of Language and Literature is Open Access Journal published by Universitas Negeri Makassar in cooperate with ASOSIASI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA JERMAN (APSBJI) . This journal receives research articles which examine about language which use various approaches like linguistics, education, and literature. The Journal is published on December and July. PHONOLOGIEtruly maintains the quality and research ethics. Every article submitted will be reviewed by experts during 4 weeks. Therefore, the announcement of article received to be published will be announced at least 4 weeks after article being submitted. We truly notice about plagiarism and the originality of article.
View Journal | Current Issue | Register