Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Melalui Pendekatan Inkuiri Terbimbing Dalam Pencapaian Kecakapan Ilmiah Mahasiswa Tingkat Pertama Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Makassar

. Usman(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author

Abstract


DOWNLOAD PDF

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  (1)  mengetahui  pencapaian kecakapan  ilmiah  mahasiswa  yang  diajar  dengan  model  pembelajaran  berbasis  masalah  melalui  pendekatan inkuiri terbimbing dan pencapaian kecakapan ilmiah mahasiswa yang diajar dengan model pembelajaran  konvensional  (2)  mengetahui  tanggapan  mahasiswa  terhadap  pelaksanaan pembelajaran  berbasis  masalah  melalui  pendekatan  inkuiri  terbimbing .  Penelitian  ini disebut  penelitian  populasi  dengan  metode  pre–eksperimental  design  dan  bersifat deskriptif,  teknik  pengumpulan  data  melalui  test,  angket  dan  observasi.  Teknik  analisis data dilakukan dengan statistik deskriptif  yang meliputi nilai rata-rata, standar deviasi dan analisis  presentase.  Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  pencapaian kecakapan  ilmiah mahasiswa  yang diajar  dengan  model  pembelajaran  berbasis  masalah  melalui  pendekatan inkuiri  lebih  tinggi  dibandingkan  dengan  mahasiswa  yang  diajar  dengan  pembelajaran konvensional  dan  mahasiwa  memberikan  respon  positif  terhadap  pelaksanaan  model pembelajaran berbasis masalah melalui pendekatan inkuiri terbimbing.

Kata  kunci: Model  Pembelajaran  Berbasis  Masalah, Pendekatan  Inkuiri Terbimbing, Kecakapan Ilmiah Mahasiswa.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35580/sainsmat217512013

Article Metrics

Abstract view : 321 times | PDF view : 592 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)