Studi Karakterisasi Bersahabat/Komunikatif Pada Siswa SMPN 18 Kota Jambi

Azizah Hanum(1), Ayu Meilinda(2*),

(1) SMPS Budi Pratama, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Provinsi Sumatera Selatan
(2) Prodi Pendidikan Fisika, FKIP, UNJA
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dan mendeskripsikan bagaimana karakter bersahabat/ komunikatif pada siswa SMPN 18 Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Pada penelitian ini dilakukan penyebaran angket di SMPN 18 Kota Jambi namun hanya pada dua sampel saja yaitu untuk kelas VII D dan VII H. Kemudian data tersebut dioalah dengan menggunakan program SPSS untuk dicari analisis statistik deskriptif dan klasifikasi sikap melalui rentang. Sehingga hasil penelitian yang diperoleh bahwa pada kelas VII D masing-masing memiliki persentasi 50 % baik untuk siswa yang dikategorikan baik dan sangat baik. Sementara untuk di kelas VII H siswa lebih dominan berada di kategori baik dengan persentasi 80,6 % sedangkan siswa yang termasuk klasifikasi sikap sangat baik hanya 19,4  %.

 

Kata kunci: pendidikan karakter, bersahabat, komunikatif,

 

ABSTRACT

This study aims to analyze and describe how friendly / communicative the students of Jambi City Middle School 18. This study uses descriptive quantitative research methods. In this study, questionnaires were distributed at Jambi City Junior High School 18, but only in two samples, for classes VII D and VII H. Then the data was analyzed using the SPSS program to find descriptive statistical analysis and classification of attitudes through ranges. So the results of the study obtained that in class VII D each had a percentage of 50% good for students who were categorized as good and very good. While for class VII H students are more dominant in the good category with a percentage of 80.6% while students who are categorized as very good attitude are only 19.4%.

Keyword : character education, friendly, communicative


Keywords


pendidikan karakter, bersahabat, komunikatif

Full Text:

PDF

References


Astalini, Dwi Agus Kurniawan, Sumaryanti. 2018. Sikap Siswa Terhadap Pelajaran Fisika Di Sman Kabupaten Batanghari. Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika. 3(2), 59-64.

Hasan S Hamid. 2010. Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-nilai Budaya Untuk Membentuk Daya Saing dan Karakter Bangsa. Jakarta : Kementrian Pendidikan Nasional Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.

Maison, Dwi agus Kurniawan, Lintang Rofiatus S. Holihah. 2018. Deskripsi Sikap Siswa Sma Negeri Pada Mata Pelajaran Fisika. Edusains, 10(1), 160-167

Nurdyansyah. 2010. Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Terhadap Hasil Belajar Pada Mudrasah Ibtidaiyah. Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.

Raharjo S Budi. 2010. Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Menciptakan Akhlak Mulia. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 16(3), 229-237.

Ramdhani M Ali. 2014. Lingkungan Pendidikan dalam Implementasi Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Universitas Garut. 08(01), 28-37.

Setiawati Nanda Ayu. 2017. Pendidikan Karakter Sebagai Pilar Pembentukan Karakter Bangsa. Prosiding Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan. 1(1), 348-352.

Yusuf Muri. 2014. Metode Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta : Kencana.




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v9i2.9016

Article Metrics

Abstract view : 27 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Ayu Meilinda

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: [email protected]

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.