Analisis Karakter “Kreativitas” siswa kelas VIII SMPN 08 Kota Jambi

Prita Monalisa(1), Weni Sukarni(2*),

(1) SMPN 1 V Koto Kampung Dalam, Kabupaten Padang Pariaman, Provinsi Sumatera Barat
(2) Universitas Jambi
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakter siswa, khususnya karakter kreativitas siswa kelas VIII SMPN 08 Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah survei dengan instrumen penilaian tes berupa angket dengan variable karakter kreativitas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII C dan VIII E SMPN 08 Kota Jambi, dengan jumlah total responden sebanyak 59 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling yaitu jumlah sampel sama dengan populasi. Adapun hasil penelitian menyatakan bahwa angket kreativitas siswa kelas VIII C rata-rata tergolong dalam kategori “Tidak Baik” dengan 58,1 % pernyataan dijawab tidak baik oleh siswa dan 35,5 % pernyataan dijawab dengan baik oleh siswa. Sedangkan hasil penelitian pada kelas VIII E rata-rata tergolong dalam kategori “Baik” dengan 60,7 % pernyataan dijawab baik oleh siswa dan 32,1 %, dijawab tidak baik oleh siswa. Berdasarkan hasil angket tersebut, dapat disimpulkan bahwa tingkat kreativitas siswa kelas VIII C lebih rendah dari kelas VIII E.

 

Kata kunci: Karakter, Kreativitas Siswa, Pendidikan

 

ABSTRACT

This study was intended to analyze the character of students, the special characteristics of creativity of class VIII students of  SMPN 08 Jambi City. This study uses descriptive quantitative research methods. While the type of research used is observation with the assessment instrument in the form of a questionnaire with character variables of creativity. The subjects of this study were students of class VIII C and VIII E of SMPN 08 Jambi City, with a total number of respondents as many as 59 respondents. The sampling technique uses total sampling, namely the number of samples equal to the population. Class VIII C on average falls into the category of "Not Good" with 58.1% of statements answered not well by students and 35.5% of statements answered well by students. While the results of research in class VIII E are categorized as "Good" on average with 60.7% of statements answered well by students and 32.1% of statements answered not well by students. Based on the results of the questionnaire, it can be concluded that the level of creativity of class VIII C students is lower than class VIII E.

 

Keywords: Character, Student Creativity, Education


Keywords


Karakter; Kreativitas Siswa; Pendidikan

Full Text:

PDF

References


Abdurrozak, Rizal., Jayadinata, Asep Kurnia., dan Isrok ‘atun. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 872.

Astalini., Kurniawan, Dwi Agus., Rahmat, Perdana., dan Pathoni, Haerul. (2019). Identifikasi Sikap Peserta Didik terhadap Mata Pelajaran Fisika di Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Kota Jambi. Unnes Physics Education Journal, 8(1), 37.

Chusnani, Diana. (2013). Pendidikan Karakter Melalui Sains. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, 1(1), 11.

Darmawangsa , Rio., Astalini., dan Kurniawan, Dwi Agus. Pengembangan Instrumen Sikap Siswa Sekolah Menengah Atas terhadap Mata Pelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Makassar, 6(1), 108.

Fajriah, Noor., Sukmawati, R Ati., dan Megawati, Tisna. (2012). Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas Viii C Smp Negeri 24 Banjarmasin Melalui Model Problem Based Instruction Dengan Pendekatan Open-Ended Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Edumatica, 2(2), 1-2.

Hamdi, Asep Saepul., dan Bahruddin, E. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi dalam Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish : CV Budi Utama.

Hardiyanti, Kiki., Astalini., dan Kurniawan, Dwi Agus. (2018). Sikap Siswa Terhadap Mata Pelajaran Fisika Di SMANegeri 5 Muaro Jambi. Jurnal Edufisika, 3(2), 3.

Islam, Syaiful. (2017). Karakteristik Pendidikan Karakter; Menjawab Tantangan Multidimensional Melalui Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Edureligia, 1(1), 99.

Kurniawan, Dwi Agus., Astalini., dan Anggraini, Lika. (2018). Evaluasi Sikap Siswa Smp Terhadap Ipa Di Kabupaten Muaro Jambi. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, 19(1),130.

Nuraeni, Afiah. (2016). Peran Orang Tua Dalam Pengembangan Literasi Dini Anak Kelompok B di Gugus 7 Mangunan Dlingo Bantul. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Edisi 3, 248.

Puti, Siska., dan Jumadi, Jumadi. (2015). Pengembangan Modul IPA SMP Berbasis Guided Inquiry untuk Meningkatkan Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 3(1), 80.

Rahayu, Rina., dan Laksono, Endang W. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Problem-Based Learning di SMP. Jurnal Kependidikan. 45(1), 30.

Raka, Gede., Mulyana, Yoyo., Markam, Suprapti Sumarmo., Semiawan, Conny R., Hasan, Sid Hamid., Bastaman, Hana Djumhana., dan Nurachman, Nani. (2013). Pendidikan Karakter di Sekolah: Seri Pendidikan Karakter Yayasan Jati Diri Bangsa : Elex Media Komputindo.

Rosidatun. (2018). Model Implementasi Pendidikan Karakter. Gresik : Caremedia Communication.

Rukajat, Ajat. (2018). Pendekatan Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Deepublish.

Sari, Ika Mulia., Evi, Sumiati., dan Parsaoran, Siahaan. (2013). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Smp Dalam Pembelajaran Pendidikan Teknologi Dasar (PTD). 61.

Siagian, Roida Eva Flora., dan Nurfitriyanti, Maya. (2015). Metode Pembelajaran Inquiry Dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Kreativitas Belajar. Jurnal Formatif, 2(1), 37.

Sumarni,S., Santoso, Bimo Budi., dan Suparman, Achmad Rante. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Di SMA Negeri 01 Manokwari (Studi Pada Pokok Bahasan Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan). Jurnal Nalar Pendidikan, 5(1), 21.

Syafri. (2017). Analisis Faktor-faktor yang mempengaruhi Kreativitas Siswa Kelas XI SMK Negeri 4 Muaro Jambi. Skripsi. Jambi : Universitas Jambi.

Taufik, Mohammad, N., Sukmadinata, S., Ishak., Abdulhak., dan Tumbelaka, Bernard Y. (2010). Desain Model Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dalam Pembelajaran Ipa (Fisika) Sekolah Menengah Pertama Di Kota Bandung. Jurnal Berkala Fisika, 13(2), 33.

Taufiq, M., Dewi, N. R., dan Widiyatmoko, A. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Ipa Terpadu Berkarakter Peduli Lingkungan Tema “Konservasi” Berpendekatan Science-Edutainment. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(2), 141.

Wilda., Salwah., dan Ekawati, Shindy (2017). Pengaruh Kreativitas Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Pedagogy : Journal of Mathematichs Education , 2(1), 138.




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v9i2.9014

Article Metrics

Abstract view : 40 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Weni Sukarni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: [email protected]

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.