PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP KEMAMPUAN SOFT SKILLS MAHASISWA FIK UNJ DALAM MEMASARKAN PRODUK-PRODUK OLAHRAGA

Heni Widyaningsih(1*),

(1) Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Jakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui soft skills mahasiswa FIK UNJ setelah menyelesaikan materi pada mata kuliah Kewirausahaan. Pengukuran dalam penelitian ini melibatkan masyarakat dalam menilai soft skills dengan memasarkan produk-produk olahraga. Data-data yang diperoleh melalui angket yang menjelaskan beberapa variabel yakni performa penjual (mahasiswa FIK UNJ) dengan indikator penilaian etika dan sopan santun serta ketepatan janji kepada masyarakat calon konsumen. Variabel kedua adalah ketertarikan terhadap produk yang ditawarkan dengan pengenalan dan pemahaman produk olahraga, harga yang ditawarkan dan  sarana promosi. Terakhir variabel ketertarikan masyarakat terhadap produk yang ditawarkan melalui pengetahuan/pengenalan produk olahraga yang ditawarkan, komunikasi yang efektif dan timing dalam penawaran produk olahraga.

Kata Kunci: soft skills, kewirausahaan, produk olahraga


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v6i3.2269

Article Metrics

Abstract view : 155 times | PDF view : 89 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2016 Heni Widyaningsih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: [email protected]

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.