EFEKTIVITAS PENDEKATAN HUMANISTIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DI SD

Muliadi Muliadi(1*),

(1) UPP PGSD Bone Fakultas Ilmu Pendidikan UNM
(*) Corresponding Author

Abstract


Salah satu faktor penting dalam menunjang keberhasilan belajar Pendidikan Jasmani di sekolah dasar adalah pendekatan pembelajaran, karena dengan pemilihan pendekatan secara tepat dapat menghasilkan proses pembelajaran yang optimal. Tidak semua materi pelajaran cocok menggunakan pendekatan tertentu, dengan kata lain dapat dinyatakan tidak ada sebuah pendekatan yang dapat digunakan untuk semuua materi pembelajaran, sehingga materi tetentu perlu pendekatan dengan tertentu pula yang efektif. Dalam pembelajaran pendidikan jasmani guru harus dapat memilih suatu pendekatan pembelajaran  secara lunak dan tidak memaksa, sehingga siswa dengan kemauan sendiri ingin melakukan gerak (olahraga). Salah satu pendekatan yang mengarah kepada pemberdayaan dan mendorong siswa untuk senang melakukan gerak adalah pendekatan pembelajaran humanistik. Dan proses pembelajaran dapat dikatakan mengarah kepada pembelajaran humanistik, jika interaksi keterampilan dan interaksi prilaku, serta korektif yang dilakukan oleh guru dalam pembelajaran, siswa terjalin dengan baik.

 

Kata Kunci: Pendekatan Humanistik, Pembelajaan Pendidikan Jasmani



DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v6i1.1793

Article Metrics

Abstract view : 200 times |

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2016 Muliadi Muliadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: [email protected]

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.