MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS IV SDN 10/73 ARALLAE KECAMATAN KAHU KABUPATEN BONE

Nasaruddin Nasaruddin(1*),

(1) UPP PGSD Bone Fakultas Ilmu Pendidikan UNM
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi kesulitan dalam memahami pokok bahasan perubahan energi gerak dan untuk mengetahui hasil belajar perubahan energi gerak melalui pembelajaran Model Kooperatif Tipe STAD pada siswa kelas IV SDN 10/73 Arallae. Adapun hipotesis dalam penelitian ini yaitu jika menggunakan pembelajaran Model Kooperatif Tipe STAD, maka hasil belajar siswa kelas IV SDN 10/73 Arallae akan meningkat. Pendekatan yang digunakan yaitu kualitatif dengan metode penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik pengamatan, wawancara, tes, angket, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara induktif. Hasil penggunaan pembelajaran Model Kooperatif Tipe STAD yaitu dapat mempermudah siswa dalam memahami materi perubahan energi gerak dan dapat meningkatkan hasil belajar perubahan energi gerak pada siswa kelas IV SDN 10/73 Arallae.

Kata kunci:     Hasil belajar, model pembelajaran kooperatif, STAD


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v5i3.1684

Article Metrics

Abstract view : 223 times | PDF view : 993 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2015 Nasaruddin Nasaruddin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: [email protected]

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.