PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL GROUP INVESTIGASI BAGI MAHASISWA PROGRAM STUDI PGSD SEMESTER III UPP MAKASSAR FIP UNM

Hamzah Pagarra(1*),

(1) UPP PGSD Makassar Fakultas Ilmu Pendidikan UNM
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v3i1.1601

Abstract


Masalah dalam penelitian ini menyorot tentang apakah pembelajaran kooperatif model group investigation  dapat meningkatkan keterampilan menyusun konsep / pengetahuan evaluasi hasil belajar bagi mahasiswa Prodi PGSD semester III UPP Makassar FIP UNM? Berdasarkan hal tersebut maka tujuan penelitian adalah untuk mengetahui penerapan pembelajaran kooperatif model group investigation  dapat meningkatkan keterampilan menyusun konsep / pengetahuan evaluasi hasil belajar bagi mahasiswa Prodi PGSD semester III UPP Makassar FIP UNM.  Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas, model desain penelitian Kemmis berdasarkan siklus-siklus. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa Prodi PGSD semester III UPP Makassar FIP UNM yang memprogram Mata Kuliah Evaluasi Pembelajaran di SD pada semester ganjil tahun ajaran 2009/2010. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran kooperatif model group investigasi dapat meningkatkan keterampilan menyusun konsep / pengetahuan evaluasi hasil belajar bagi mahasiswa Prodi PGSD semester III UPP Makassar FIP UNM.

Kata kunci: pembelajaran kooperatif, model group investigasi.

Full Text:

Untitled

Article Metrics

Abstract view : 106 times | Untitled view : 607 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2013 Hamzah Pagarra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: [email protected]

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.