PENERAPAN MEDIA AUDIOVISUAL DALAM PEMBELAJAAN KETERAMPILAN KOMPUTER BAGI MAHASISWA PGSD

Andi Makkasau(1*),

(1) Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan UNM
(*) Corresponding Author

Abstract


Masalah utama dalam proses pembelajaran komputer saat ini ialah tingkat penguasaan keterampilan komputer bagi mahasiswa yang masih dikategorikan belum baik  karena penerapan media audiovisual  belum dimanfaatkan secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui penerapan media audiovisual dalam pembelajaran keterampilan komputer untuk meningkatkan keterampilan mengoperasikan  komputer bagi mmahasiswa PGSD  dan (2) untuk mengetahui peningkatan kinerja dosen melalui penerapan media audiovisual dalam pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran  menggunakan model pengajaran langsung yang dilaksanakan selama dua siklus,  tiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan dengan  tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian meliputi dosen dan mahasiswa kelas B.75 yang sedang memprogramkan mata kuliah keterampilan komputer dengan jumlah mahasiswa 45 orang. Hasil yang dicapai menunjukkan terjadi peningkatan keterampilan mengoperasikan  komputer bagi mahasiswa PGSD yang ditunjukkan dari adanya peningkatan aspek psikomotor.  Demikian pula respon mahasiswa yang sangat positif terhadap penerapan media audiovisual dalam pembelajaran keterampilan komputer.

Kata Kunci : media, komputer, mahasiswa, audio visual


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v2i3.1592

Article Metrics

Abstract view : 79 times | PDF view : 24 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2012 Andi Makkasau

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: [email protected]

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.