Pengaruh One Minute Paper Dalam Model Pembelajaran Pencapaian Konsep Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas X MIA SMA Negeri 1 Sinjai (Studi pada Materi Ikatan Kimia)

Muh. Yusba Nurzamjirana Muchtar(1*), Muhaedah Rasyid(2), Halimah Husain(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemica.v15i1.4603

Abstract


ABSTRAK
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh positif one minute paper dalam model pembelajaran pencapaian konsep terhadap pemahaman konsep siswa kelas X MIA SMA Negeri 1 Sinjai. Variable bebas adalah pemberian one minute paper dalam model pembelajaran pencapaian konsep pada kelas eksperimen dan tanpa one minute paper pada klas kontrol, sedangkan variable terikatnya adalah pemahaman konsep siswa pada materi pokok ikatan kimia. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA SMA Negeri 1 Sinjai sebanyak 180 siswa dalam 5 kelas, sedangkan sampelnya adalah kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 5 sebagai kelas kontrol masing-masing dengan jumlah siswa 36 orang. Data hasil penelitian diperoleh dari tes pemahaman konsep pada materi pokok ikatan kimia berupa post test. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Pengujian hipotesis yang dilakukan dengan uji t menghasilkan thitung > ttabel = 4,38 > 1,67, sehingga dapat disimpulkan bahwa one minute paper dalam model pembelajaran pencapaian konsep berpengaruh positif terhadap pemahaman konsep siswa kelas X MIA SMA Negeri 1 Sinjai pada materi pokok ikatan kimia.
Kata kunci: OMP, pencapaian konsep, pemahaman, ikatan kimia

ABSTRACT
This study is quasi experiment research that aimed to know the positive effect of one minute paper in concept attainment teaching model toward student’s concept comprehension in grade X MIA SMA Negeri 1 Sinjai. The independent variable is giving of one minute paper in concept attainment teaching model for experiment class and without one minute paper for control class than the dependent variable is student’s concept comprehension on chemical bonding subject matter. The population is student in X MIA class SMA Negeri 1 Sinjai that consist 180 students in 5 class, than the samples is X MIA 1 as experiment class and X MIA 5 as control class with 36 students. The data of research was obtained by concept attainment test on chemical bonding subject matter for posttest. The data analysis technique is used descriptive and inferential analysis. The hypothesis testing by t-test is obtained that tcalculated higher than ttable = 4,38 higher than 1,67, so conclude that one minute paper in concept attainment teaching model give effected toward student’s concept comprehension grade X MIA SMA Negeri 1 Sinjai on chemical bonding subject matter.
Keywords: OMP, concept attainment, comprehension, chemical bonding


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 573 times | PDF view : 161 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN: 1411-6502

Diterbitkan oleh Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Makassar (UNM) dua kali dalam setahun yaitu bulan Juni dan Desember.

Alamat Redaksi :Jurusan Kimia, Fakultas MIPA UNM, JL. Dg. Tata Parangtambung, Makassar 90224 Indonesia, Telp. 0411-840295; Fax: 0411840295;E-mail : chemica_unm@yahoo.co.id