Penerapan Pembelajaran Siklus Belajar Setting Kooperatif STAD pada Siswa Kelas XI IPA1 SMA Negeri 1 Sungguminasa (Studi pada Materi Pokok Laju Reaksi)

Army Auliah(1*), Supriati .(2),

(1) Jurusan Kimia FMIPA UNM Makassar
(2) Alumni Jurusan Kimia FMIPA UNM
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemica.v10i1.395

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang bertujuan untuk menemukan langkah-langkah penerapan pembelajaran siklus belajar Setting kooperatif STAD sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI IPA1 SMA Negeri 1 Sungguminasa tahun ajaran 2008/2009 pada materi pokok laju reaksi. Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, dan refleksi.. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan tes hasil belajar setiap akhir siklus. Observasi dilakukan baik kepada siswa maupun guruunya. Aktivitas dan hasil belajar siswa meningkat setelah Penerapan pembelajaran siklus belajar setting kooperatif STAD dengan langkah-langkah sebagai berikut: 1) Menjelaskan tujuan pembelajaran, menggali pengetahuan awal dengan menunjuk langsung siswa dan mengarahkan untuk membuat prediksi (fase engagement), 2) Membentuk kelompok belajar heterogen, menjelaskan materi, mengarahkan untuk saling membantu dalam memahami tugas, memantau aktivitas dalam kelompok dan membimbing kelompok belajar (fase exploration), 3) Membimbing diskusi kelas, menunjuk langsung salah satu anggota kelompok, menjelaskan konsep dan mengarahkan untuk membuat kesimpulan (fase explanation), 4) Memberikan bimbingan kepada siswa yang kurang mampu (fase elaboration), 5) Memberikan kuis dan memberikan penghargaan kelompok (fase evaluation).

Kata kunci: siklus belajar, kooperatif STAD, laju reaksi

ABSTRACT

This is classroom Action Research that aimed to find the steps of applying of the cycle instructional STAD cooperative setting, so that can increasing learning activity and achievement of the students on reaction rates material. The research took place for two cycle with four steps respectively: planning, action, observation and evaluation, and reflection. The dates are collected using observation sheets and achievement test. Either students and teacher are observed. Learning activity and achievement of the students increase after applying steps: 1) explaining instruction goal, excavate first knowledge of the students, and ask the student to make prediction (engagement phase), 2) grouping students into learning heterogeneous group, explain the material and guide the students to master the material (exploration phase), 3) guide the students in group discussion to make conclusion (explanation phase), 4) give guidance for students that have knowledge lower (elaboration phase), 5) give assignment and group appreciation (evaluation phase)

Key words: learning cycle, cooperative STAD, reaction rates

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 238 times | PDF view : 446 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN: 1411-6502

Diterbitkan oleh Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Makassar (UNM) dua kali dalam setahun yaitu bulan Juni dan Desember.

Alamat Redaksi :Jurusan Kimia, Fakultas MIPA UNM, JL. Dg. Tata Parangtambung, Makassar 90224 Indonesia, Telp. 0411-840295; Fax: 0411840295;E-mail : [email protected]